Sistem Pakar Mendiagnosa Hama Pada Tanaman Aglonema Moonlight Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Siti Asnita STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.3427

Abstract

Tanaman Aglonema atau dengan nama lain “sri rezeki†merupakan tanaman hias tanpa bunga namun memiliki variasi daun yang meliputi motif serta bentuk, warna dan ukuran. Hal inilah yang menjadikan tanaman ini diperjual belikan dengan menghitung jumlah daun, warna daun dan motifnya. Aglonema memiliki potensi untuk dijadikan lahan bisnis karena harga yang ditawarkan cukup tinggi yang disesuaikan dengan warna pada daun aglonema. Namun seringkali hama dan hama yang menjadi kendala utama dalam proses pemberdayaan tanaman hias.Agar mempermudah dalam proses mendiagnosa sebuah hama hama pada tanaman Aglaonema Moonlight maka dibuatlah sebuah program Sistem Pakar. Sistem Pakar merupakan sistem yang mengadopsi pengetahuan layak nya seorang pakar. Sistem Pakar  biasanya digunakan untuk mendeteksi kerusakan ataupun mendiagnosa suatu hama yang gejalanya memiliki nilai kemungkinan atau bobot yang didapatkan dari pakar.Dalam penyelesaian masalah terkait mendiagnosa hama hama pada tanaman Aglonema Moonlight, metode yang digunakan adalah metode Certainty Factor. Metode Certainty Factor ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.

Author Biographies

Siti Asnita, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. M. Apriansi and R. Suryani, “Karakterisasi Tanaman Aglaonema Di Dataran Tinggi Rejang Lebong,†J. Agroqua Media Inf. Agron. dan Budid. Perair., vol. 17, no. 2, p. 141, 2020, doi: 10.32663/ja.v17i2.887.

Y. Nur, J. T. Elektro, F. Teknik, and U. N. Semarang, “Perancangan Sistem Pakar Penyuluh Diagnosa Hama Padi dengan Metode Forward Chaining,†J. Tek. Elektro Unnes, vol. 7, no. 1, pp. 30–36, 2015, doi: 10.15294/jte.v7i1.8590.

P. S. Ramadhan and U. F. S. Pane, “Analisis Perbandingan Metode (Certainty Factor, Dempster Shafer dan Teorema Bayes) untuk Mendiagnosa Hama Inflamasi Dermatitis Imun pada Anak,†J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 17, no. 2, pp. 151–157, 2018, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jis/article/view/38.

R. Hariyanto and K. Sa’diyah, “Sistem Pakar Diagnosis Hama dan Hama Pada Tanaman Tebu Menggunakan Metode Certainty Factor,†JOINTECS (Journal Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i1.500.

R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Hama Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

Downloads

Published

2018-10-27

URN