Implementasi Data Mining Dalam Menglompokkan Data Pelanggan Di Apartement Skyview Residence Pada PT Property Group Imperium Dengan Menggunakan K-Means

Authors

  • Santa Bernike Sembiring Stimik Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi Stmik Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.3426

Abstract

Data pelanggan yang dikelompokkan dapat menyelesaikan kendala konsumen dan penjualan, agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan mutu perusahaan yang berkualitas. Oleh sebab itu permasalahan dari tingkat kepuasan berdasarkan data pelanggan menjadi nilai tengah, untuk mengklasifikasikan data pelanggan sebagai acuan penilaian perusahaan dan membuat kebijakan yang dapat menguntungkan perusahaan.        Permasalahan tersebut dapat diselesaikan, maka dalam algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data mining pada kasus pengelompokkan data pelanggan di perusahaan yang cocok yaitu menggunakan K-Means Clustering. K-Means Clustering untuk memprediksi apartement yang diminati oleh konsumen, agar dapat meminimalisir kerugian dan bertumpuknya suatu penjualan atau penyewaan yang berdampak buruk bagi perusahaan.        Hasil metode ini dapat menghasilkan  sistem yang maksimal dan mengelompokkan data pelanggan di perusahaan dengan menggunakan algoritma k-means yang lebih efisien maupun efektif. Kata Kunci: Data Mining, K-Means, Penilaian Pelanggan

Author Biographies

Santa Bernike Sembiring, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Ekonomi

References

M. Benri, H. Metisen And S. Latipa, "Analisis Clustering Menggunakan Metode K-Means Dalam Pengelompokkan Penjualan Produk Pada Swalayan Fadhila," 2015.

I. Parlina, A. Perdana Windarto, A. Wanto, M. Lubis, D. Amik Tunas Bangsa Pematangsiantar And D. A. Stikom Tunas Bangsa Jljendral Sudirman Blok No, "Memanfaatkan Algoritma K-Means Dalam Menentukan Pegawai Yang Layak Mengikuti Asessment Center Untuk Clustering Program Sdp," 2018.

K. Fanny Irnanda, A. Perdana Windarto, I. Sudahri Damanik And I. Gunawan, Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (Sensasi) Penerapan K-Means Pada Proporsi Individu Dengan Keterampilan (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Tik Menurut Wilayah, 2019.

Alfannisa Annurullah Fajrin And Algifanri Maulana, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Dengan Algoritma Fpgrowth Pada Data Transaksi Penjualan Spare Part Motor," Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (Klik), Vol. Volume 05, 2018.

Joko Suntoro, Data Mining: Algoritma Dan Implementasi Dengan Pemrograman, Elex Media Komputindo, 2019, P. 192.

Y. Darmi, A. Setiawan, J. Bali, K. Kampung Bali, K. Teluk Segara And K. Bengkulu, "Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk," 2016.

Downloads

Published

2018-10-27

URN