Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Pemberian Pinjaman Kredit Usaha Rakyat Pada Bank Rakyat Indonesia Kcp Karya Wisata MenggunakanMetode Weight Aggregated Sum ProductAssesment (WASPAS)

Authors

  • Pita Ela Lubis STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3425

Abstract

          Semakin meningkatnya masyarakat yang ingin menggunakan Kredit Usaha Rakyat sehingga pihak Bank Rakyat Indonesia Kcp Karya Wisata semakin kewalahan mengatasi masalah ini, Karena pihak Bank Rakyat Indonesia Kcp Karya Wisata  masih menggunakan cara manual untuk menyeleksi masyarakat yang layak diberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat.        Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang sudah terkomputerisasi untuk mempermudah proses pemberian pinjaman Kredit Usaha Rakyat pada Bank Rakyat Indonesia Kcp. Karya Wisata. Sistem Pendukung Keputusan adalah sistem yang dapat membantu seseorang atau pihak instansi dalam mengambil keputusan yang akurat, efisien dan tepat sasaran. Matode Weight Aggregated Sum Product Assesment merupakan metode yang dapat mengurangi kesalahan-kesalahan atau mengoptimalkan dalam penafsiran untuk pemilihan nilai tertinggi dan terendah.        Hasil dari program ini adalah untuk mempermudah menganalisa sejumlah data besar berdasarkan kriteria-kriteria yang diinputkan atas alternative sebagai pengambil keptusan. Dari perancangan program ini dapat mambantu pihak Bank Rakyat Indonesia Kcp Karya Wisata untuk memberikan kelayakan pemberian pinjaman Kredit Usaha Rakyat.

Author Biographies

Pita Ela Lubis, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informastika

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Pendahuluan, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMBERIAN,†vol. 3, no. 4, pp. 62–67, 2016.

M. Ickhsan, D. Anggraini, R. Haryono, S. H. Sahir, and Rohminatin, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Usaha Rakyat ( KUR ) Menggunakan Metode Weighted Product,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 97–102, 2018.

S. Wahyuningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Pada RSUD Serang,†no. 1, pp. 33–37, 2014.

D. I. Kota, M. Studi, K. Bank, and S. H. Nasution, “Peranan Kredit Usaha Rakyat …,†pp. 105–116.

D. Tetap, F. Ilmu, K. Universitas, and D. Bengkulu, “Sistem Pendukung Keputusan ... ISSN : 1858 - 2680 ISSN : 1858 - 2680,†vol. 8, no. 2, 2012.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN