Implementasi K-Means Clustering Dalam Pengelompokkan Keluhan Orang Tua Siswa Terhadap Pembelajaran Daring

Authors

  • Ari Syahputra Batubara STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.3408

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan (Daring) merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang tersedia. Segala bentuk materi pelajaran didistribusikan secara online. Namun Kondisi pembelajaran dalam jaringan (Daring) menyebabkan adanya keluhan, Baik dari sisi sekolah maupun dari sisi orang tua didik. Berbagai Keluhan ditemukan selama pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (Daring) diantara keluhan yang ada seperti keluhan bantuan kouta dan buku paket, Keluhan penggunaan media elektronik, Keluhan pada proses belajar mengajar. Pihak sekolah melakukan evaluasi terhadap pembelajaran dalam jaringan (Daring). Adapun prosesnya strategi berupa penyebaran kuesioner (isian) kepada orang tua siswa. Selanjutnya akan dilakukan pemetaan dalam bentuk pengelompokkan, agar pihak sekolah mampu membuat strategi pembelajaran yang lebih baik untuk kedepannya.Untuk mengolah data evaluasi yang telah dikumpulkan, diperlukan sebuah metode yaitu K-Means Clustering. Motode K-Means Clustering merupakan suatu metode analisa pengelompokkan data, proses pemodelannya tanpa supervisi (unsupervised) dan merupakan salah satu metode pengelompokan data dengan sistem partisi.Hasil Pengelompokkan data yang didapatkan melalui metode K-Means Clustering adalah berupa pengelompokan data keluhan orang tua  siswa, yang nantinya menjadi bahan pemetaan pihak sekolah sehingga dapat membantu pihak sekolah untuk mengatur strategi pembelajaran yang lebih baik dimasa yang akan datang

Author Biographies

Ari Syahputra Batubara, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

T. Alfina, B. Santosa, and A. R. Barakbah, “Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data,†Tek. Its, vol. 1, no. 1, pp. 521–525, 2012, [Online]. Available: http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/1794.

S. Rudiarto, “Implementasi Algoritma K-Means,†J. Ilmu Tek. Dan Komput., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2018.

H. D. Honesqi, “Klasifikasi Data Mining Untuk Menentukan Tingkat Persetujuan Kartu Kredit,†J. Teknoif, vol. 5, no. 2, pp. 57–62, 2017, doi: 10.21063/jtif.2017.v5.2.57-62.

Y. Irawan, “Penerapan data mining untuk evaluasi data penjualan menggunakan metode clustering dan algoritma hirarki divisive,†Jtiulm, vol. 3, no. 1, pp. 13–20, 2019.

F. Indriyani and E. Irfiani, “Clustering Data Penjualan pada Toko Perlengkapan Outdoor Menggunakan Metode K-Means,†JUITA J. Inform., vol. 7, no. 2, p. 109, 2019, doi: 10.30595/juita.v7i2.5529.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN