Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Bibit Jambu Air Terunggul Pada UPT.BIH Gedung Johor Dengan Metode Visekriterijumsko I Optimizacija Kompromisno Rangiranje (VIKOR)

Authors

  • Muhammad Rizki STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i11.3407

Abstract

Unit  Pelaksana  Teknis  (UPT) Benih  Induk  Hortikultura Gedung Johor  adalah  salah  satu unit pelayanan  teknis  lingkup  Dinas Pertanian  Provinsi  Sumatera  Utara yang memegang peranan penting dalam pengembangan pertanian khususnya dalam aspek pengadaan benih hortikultura yang bermutu dan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Upt.BIH Gedung Johor memiliki fungsi sebagai tempat penghasil bibit tanaman hortikultura dataran rendah, sebagai tempat informasi serta sarana latihan, pendidikan dan penelitian bagi masyarakat. permasalahan yang dihadapi oleh Upt.BIH gedung  johor pada saat ini adalah sulitnya menentukan bibit jambu air yang berkualitas terunggul untuk ditanam dan dibudidayakan. Selama ini proses menentukan bibit jambu air yang dilakukan oleh Upt.BIH Gedung Johor masih melalui pengamatan langsung pada bibit belum ada perhitungan komputerisasi. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan. Sebuah sistem yang dapat melakukan proses perhitungan komputerisasi untuk menentukan Bibit Jambu Air Terunggul menggunakan metode Visekriterijumsko I Optimizacija Kompromisno Rangiranje berdasarkan kriteria-kriteria penilaian yang ada sebagai pendekatan pemecahan masalah. Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi berbasis dekstop yang dapat membantu pihak Upt.BIH Gedung Johor pengambilan keputusan terkait untuk lebih mudah dalam menentukan Bibit Jambu Air Terunggul.

Author Biographies

Muhammad Rizki, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index),†Semin. Nas. Teknol. Komput. dan Sains, pp. 263–269, 2019, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/165/166.

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Mengunakan Metode TOPSIS Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada SMA Al Washliyah Tanjung Morawa,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

A. Amijaya, F. Ferdinandus, and M. Bayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis WEB,†CAHAYAtech, vol. 8, no. 2, p. 102, 2019, doi: 10.47047/ct.v8i2.47.

N. Sutrikanti, H. Situmorang, F. H. Nurdiyanto and M. , "Implementasi Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Calon Peserta Cerdas Cermat Tingkat SMA Menerapkan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer

A. A. Trisnan, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol.5.No 2, no. ISSN 2407-389X, pp. 85-90, 2018.

Downloads

Published

2022-07-12

URN