Expert System Untuk Mendiagnosa Penyakit Rumination Disorder (Gangguan Ruminasi) Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Dina Meirani STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.3402

Abstract

Gangguan Ruminasi adalah suatu kondisi di mana orang berulang kali dan tidak sengaja memuntahkan makanan yang tidak tercerna atau sebagian dicerna dari perut, mengunyahnya kembali, dan kemudian menelannya kembali atau meludahkannya, karena makanannya belum dicerna dengan baik, rasanya biasa saja dan tidak asam, seperti muntahan. Ruminasi biasanya terjadi setiap kali makan, ruminasi segera terjadi setelah makan.Melihat fenomena yang terjadi maka diperlukan sebuah sistem yang disebut sistem pakar yang mampu menerapkan metode Dempster Shafer untuk mendiagnosa rumination disorder berdasarkan gejala-gejala klinis yang terjadi. Dengan adanya sistem  ini dapat memberikan kemudahan dalam pengambilan kesimpulan untuk dijadikan diagnosa  awal.Hasil penelitian ini adalah : Pertama berdasarkan analisa pengaruh sistem pakar ditandai dengan semakin mudahnya prosedur mendiagnosa penyakit rumination disorder. Kedua berdasarkan hasil analisa, metode dempster shafer dapat diterapkan dalam pemecahan masalah yaitu dalam mendiagnosa penyakit rumination disorder. Ketiga berdasarkan perancangan sistem pakar yang mengadopsi metode dempster shafer dapat digunakan dalam mendiagnosa penyakit rumination disorder. Keempat berdasarkan implementasi sistem pakar berbasis web untuk mendiagnosa penyakit rumination disorder.

Author Biographies

Dina Meirani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Usti Fatimah Sari Sitorus Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma

Sistem KomputerEXPERT SYSTEM UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT RUMINATIONDISORDER (GANGGUAN RUMINASI) MENGGUNAKAN MEDOTE DEMPSTER SHAFER

References

H. T. SIHOTANG, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, 2019.

C. Nas, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakt Tiroid Menggunakan Metode Dempster Shafer,†J. Teknol. Dan Open Source, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2019.

H. T. SIHOTANG, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Diabetes Dengan Metode Bayes,†vol. 1, no. 1, pp. 36–41, 2019.

N. Aini, R. Ramadiani, and H. R. Hatta, “Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Tuberkulosis,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 12, no. 1, p. 56, 2017.

O. Hidekazu et al., “Survey on the Rate of Occurrence of Rumination ( Merycism ) In People with Disabilities,†vol. 2, no. 1, pp. 9–12, 2018.

M. Halland, “Rumination syndrome: When to suspect and how to treat,†Curr. Opin.

Downloads

Published

2020-01-30

URN