SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN LOKASI TERBAIK UNTUK MEMBUKA OUTLET BARU PADA KEJU KESU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

Authors

  • Harial Fitra Marin STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi S STMIK Triguna Dharma
  • Rina Mahyuni STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.340

Abstract

Keju Kesu adalah brand dari perusahaan PT. NUSA RASA JAYA yang bergerak di bidang kuliner yang mengikuti tren dari masa ke masa, yang bertujuan untuk menjadikan kuliner sebagai gaya hidup. Keju Kesu merupakan nama brand dari outlet makanan siap saji yang memiliki beberapa produk diantaranya donat kesu, roti kesu, pisang crispy, dan pisang nugget. Oleh karena itu pihak manajemen ingin menentukan lokasi outlet baru yang terbaik agar Keju Kesu dapat bersaing dengan outlet makanan siap saji yang lainnya.Untuk menentukan lokasi outlet baru dengan memperhatikan faktor-faktor daya saing merupakan strategi yang harus dilakukan dengan serius. Kriteria-kriteria penting yang menjadi pertimbangan dalam menentukan lokasi sangat dibutuhkan. Faktor peminatan, persaingan mempengaruhi seberapa besar informasi dan lokasi-lokasi alternative dan pemanfaatan teknologi komputer juga mampu membantu pihak perusahaan untuk menentukan lokasi outlet baru di kota Medan sehingga didapat lokasi yang terbaik.Dalam hal ini pengambilan keputusan sangat penting bagi pihak manajemen perusahaan untuk menentukan pembukaan outlet baru Keju Kesu di kota Medan. Selama ini yang terjadi untuk menentukan lokasi outlet baru Keju Kesu hanya dilakukan dengan penilaian-penilaian tertentu dan membutuhkan waktu yang lama dalam mengambil keputusan. Sehingga dibutuhkan satu Metode Multi Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA). Manfaat yang diperoleh dari sistem ini, Dapat menganalisa proses menentukan lokasi terbaik untuk membuka outlet baru pada Keju Kesu menggunakan metode Multi Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA).

References

A. Arman, Z. Efendy, N. Nelfira, and E. Sugiarto, “Sistem Pendukung Keputusan Mutasi Karyawan Pada Pt. Sakato Jaya Dengan Metode Multi Faktor Evaluation Proses,†Rang Tek. J., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2019, doi: 10.31869/rtj.v2i1.898.

M. Ramadhan, D. Nofriansyah, and F. Rizky, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH ) dengan Metode Elimination Et Choix Traduisant la Realite ( ELECTRE ) Studi Kasus Kecamatan Borbor,†vol. 18, no. 1, pp. 17–29, 2019.

P. T. Triyasa and S. Makmur, “JURNAL ILMIAH KOHESI Vol. 3 No. 1 Januari 2019,†vol. 3, no. 1, pp. 66–86, 2019.

W. Aditya, “PT. NUSA RASA JAYA,†2017. [Online]. Available: http://www.nusarasa.co.id/.

Y. Narita, L. Basuki, P. Studi, D. Interior, U. K. Petra, and J. Siwalankerto, “Redesign Interior Sweet Shop Fahion Store di Kota Salatiga,†vol. 5, no. 2, pp. 647–652, 2017.

K. N. A. Nur, S. R. Andani, and P. Poningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Operator Seluler Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (Moora),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 66–70, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.942.

A. Mubarak, “RANCANG BANGUN APLIKASI WEB SEKOLAH MENGGUNAKAN UML ( UNIFIED MODELING LANGUAGE ) DAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP ( PHP HYPERTEXT PREPROCESSOR ) BERORIENTASI OBJEK Abdul Mubarak,†vol. 03, no. 1, pp. 19–25, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN