Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Bahan Baku Utama Pada Produksi Pakan Ternak Ayam Buras Dengan Metode Vise Kriterijumska Optimizacija Kompromisno Resenje (VIKOR)

Authors

  • Sukma Safira STIMIK Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif STIMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i7.3397

Abstract

PT.Japfa Comfeed Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Agri-food dan distribusi diseluruh indonesia. Perusahaan ini memenuhi kebutuhan bahan bakunya dari sejumlah supplier. Beragamnya bahan-bahan utama saja berasal dari kepercayaan para konsumen kepada reputasi perusahaan yang di kenal dapat di andalkan, dengan memberikan yang terbaik dan yang terutama fokus kepada ketepatan kualitas dan harga  yang telah di tetapkan.Oleh karena itu, PT.Japfa Comfeed Indonesia Tbk kesulitan dalam memilih supplier yang tepat karena menilai hanya berdasarkan pada nama supplier dan harga yang ditawarkan dan kualitas yang dimiliki barang secara subyektif, membeli dengan harga barang yang paling murah persuplier sehingga sehingga tidak dapat menjamin tingkat konsistensi penilaian dan mengakibatkan kendala dari perusahaan dan membutuhkan supplier sebagai penyediaan pemilihan supplier Bahan bahan baku yang secara rutin memasok ke perusahaan.

Author Biographies

Sukma Safira, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Deski Helsa Pane, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Nirwana, N., Rusdi, W., & Alam, S. (2019, Desember). “Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Penentuan Stok Minuman di Hypermart Dengan Metode VIKOR.†In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 659-670).

Eniyati, S., & Santi, R. C. N. (2010).†Perancangan sistem pendukung keputusan penilaian prestasi dosen berdasarkan penelitian dan pengabdian masyarakat.†Dinamik, Vol.15 No (2), Juli 2010,(pp 136-142).

Diana.,â€Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusanâ€,Cetakan Kedua,Yogyakarta,Deepublish : CV Budi Utama, 2020.

Hanif, K. H., Yudhana, A., & Fadlil, A. (2020). Analisis Penilaian Guru Memakai Metode Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR). Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 6 No.(1) (pp.6-11).

Ramanda, G. P., & Vikaliana, R. (2019). Analisis Pemilihan Supplier Alat Tulis Kantor Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process Pada PT. Bank XYZ Kantor Pusat. Jurnal Logistik Indonesia,Vol. 3 No.(2), (pp 111-124).

Hendini, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. 4 No.(2) (pp.107-116).

Wati, E. F., & Kusumo, A. A. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Language (UML) Berbasis Dekstop pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus pada PT Indo Mada Yasa Tangerang. Syntax: Jurnal Informatika, Vol. 5 No.(1), (pp 24-36).

Ridlo, I. A. (2017). “Panduan pembuatan flowchartâ€. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan.

Siregar, A., Ginting, P., Mesran, M., & Sianturi, L. T. (2017). Implementasi Metode Vikor Dalam Pemilihan Supplier Bahan Baku. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 1(1).

Syahputra, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 1(3), 207-214.

Utary, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kasir Cabang Terbaik Menggunakan Metode Vikor (Studi Kasus: PT. Raya Utama Travel). Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 8(3), 310-314.

Kusuma, M. K., Hasibuan, N. A., & Saputra, I. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik dengan Menggunakan Metode VIKOR. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEM RESEARCH (JOSH) Vol 1 No 3 April 2020, 1.

Simanungkalit, R. P., Moengin, P., & Adisuwiryo, S. (2017, October). PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN ALTERNATIF SUPPLIERBAHAN BAKUPADA PT. TESENA INOVINDO. In Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan (pp. 183-190).

Downloads

Published

2018-10-27

URN