Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Penyebaran COVID-19 Di Kecamatan Namorambe Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Debora Sinaga Stmik Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting Stmik Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.3386

Abstract

Virus corona merupakan kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Penyebaran Virus corona dapat melalui mata, hidung dan mulut lewat cairan saat batuk atau bersin dan bersentuhan dekat dengan orang yang terinfeksi Covid-19. Virus ini menular dengan  sangat cepat dan telah menyebar kehampir semua Negara termasuk Indonesia, hanya dalam beberapa bulan. Oleh karena itu dirancang sebuah aplikasi berbasis web dengan menerapkan  data mining untuk memprediksi  penyebaran Covid-19 dengan metode  Regresi Linear Berganda. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat menentukan tingkat prediksi penyebaran Covid-19 di Kecamatan Namorambe. Dari aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak Kecamatan Namorambe dalam menanggani tingkat penyebaran Covid-19 di Kecamatan Namorambe.

Author Biographies

Debora Sinaga, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Nofriansyah, N. Gunandi, and Widi, “Algoritma Data Mining Dan Pengujian,†Algoritma Data Mining dan Pengujian. 2019.

G. Abdurrahman, “Clustering Data Ujian Tengah Semester ( UTS ) Data Mining,†J. Sist. Teknol. Inf. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 71–79, 2016.

E. Prasetyo, DATA MINING Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. 2014.

P. Silitonga, “Analisis Pola Penyebaran Penyakit Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dengan Menggunakan Metode DBScan Clustering (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan,†vol. 147, no. March, pp. 11–40, 2016.

H. D. P. Febryantahanuji, Irwan Sembiring, “Pengambilan Keputusan Pegawai Tidak Tetap Menjadi Pegawai Tetap Dengan Decission Tree,†Joined, vol. 1, no. 2, pp. 26–37, 2018.

S. A. Prayitno et al., “DedikasiMU (Journal of Community Service) Volume 2, Nomor 3, September 2020 PERAN SERTA DALAM MELAKSANAKAN PROTOKOL PENCEGAHAN PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) PADA MASYARAKAT,†DedikasiMU (Journal Community Serv., vol. 2, no. 3, pp. 504–510, 2020.

H. Tannady and F. Andrew, “Analisis Perbandingan Metode Regresi Linier Dan Exponential Smoothing Dalam Parameter Tingkat Eror,†Tek. Dan Ilmu Komput., 2013.

Downloads

Published

2020-09-29

URN