Expert System Untuk Mendiagnosa White Feces Disease Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Riska Ambarsari STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.3383

Abstract

Udang kaki putih merupakan udang yang mempunyai nilai ekonomis dan mudah dibudidayakan di Indonesia. Namun kegiatan budidaya tidak lepas dari masalah penyakit, salah satunya adalah White Feces Disease. Penyakit ini menyebabkan udang tidak tumbuh dengan maksimal. Udang yang terinfeksi White Feces Disease mengalami penurunan nafsu makan, pertumbuhan yang abnormal, dan terjadi perubahan warna feses.Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan membangun suatu sistem pakar untuk mendiagnosa White Feces Disease pada udang kaki putih. Metode yang dipilih untuk mendiagnosa penyakit tersebut adalah Metode Dempster Shafer.Hasil penelitian ini adalah pertama, penerapan metode Dempster Shafer dengan cara memberikan nilai densitas untuk perhitungan metode Dempster Shafer. Kedua, perancangan aplikasi menggunakan UML dan merancang database untuk kebutuhan interface serta Crystal Report untuk menyajikan hasil laporan. Ketiga, pengujian sistem dan perhitungan menggunakan metode Dempster Shafer mengghasilkan perhitungan yang sama dengan data uji manual. Keempat, hasil dari pengembangan sistem pakar menggunakan metode Dempster Shafer dapat memecahkan permasalahan dalam mendiagnosa White Feces Disease.

Author Biographies

Riska Ambarsari, STMIK Triguna Dharma

SISTEM INFORMASI

Yopi Hendro Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Purnamasari, “memiliki hasil yang lebih baik diakhir pemeliharaan dilihat dari bobot rata-rata dan tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi. Padat tebar 170 ekor/,†vol. 2, no. 1, pp. 58–67, 2017.

Y. H. Helda Esti; Supono, Supono, “Aplikasi Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia catappa L.) terhadap Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) yang Terinfeksi Penyakit White Feces Disease (WFD),†J. Masy. Akuakultur Indones., vol. 2, no. Vol 2, No 2 (2018), pp. 7–15, 2018, [Online]. Available: http://jsta.aquasiana.org/index.php/jmai/article/view/40.

D. Aldo, “Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shafer,†Komputika J. Sist. Komput., vol. 9, no. 2, pp. 85–93, 2020, doi: 10.34010/komputika.v9i2.2884.

T. Puspitasari, B. Susilo, and F. F. Coastera, “Tunagrahita Berbasis Web,†J. Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2016.

M. Ihsan, F. Agus, and D. M. Khairina, “Sistem Deteksi Penyakit Tanaman Padi,†Sakti, vol. 2, no. 1, 2017, [Online]. Available: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/article/view/249.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN