Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Cabang Baru Pada JNE Menggunakan Metode Weight Aggregated Sum Producr Assesment (WASPAS)

Authors

  • Dwi Shandy STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3380

Abstract

JNE adalah perusahaan jasa kurir yang bergerak dalam bidang pengiriman paket dan logistik dalam wilayah lokal maupun internasional yang didukung secara online. Pemilihan lokasi yang strategi dapat menimbulkan minat beli konsumen dan keberhasilan dalam menentukan lokasi akan memberikan kontraprestasi terhadap perusahaan, yaitu naiknya tingkat penjualan dan laba konsumen dalam pembelian barang atau pemilihaan jasa dan sarana bagi pihak JNE untuk menghasilkan pelayanan yang maksimal di setiap penentuan dengan adanya evaluasi kinerja JNE. Namun, pada proses penentuan lokasi stategis pihak JNE mengalami kesulitan.Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun sistem pendukung keputusan dalam menentukan lokasi cabang baru pada JNE. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah Weight Aggragated Sum Product Assesment (WASPAS) yaitu kombinasi unik WSM dan Metode WP. Metode WASPAS digunakan untuk memecahkan berbagai masalah seperti di pembuatan keputusan, evaluasi alternatif dan seterusnya.Hasil dari sistem pendukung keputuan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu JNE dalam menentukan lokasi  cabang baru yang tepat dan cepat. Dimana, sistem ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada toko yang lain.

Author Biographies

Dwi Shandy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Y. Aisyah, F. Bimantoro, and B. Irmawati, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Dengan Metode Bayesian Network Berbasis Website,†vol. 3, no. 2, pp. 137–143, 2019.

N. Farida and D. S. Apriliyani, “PENGARUH LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH JASA PENGIRIMAN BARANG PADA PT . TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR ( JNE Express ) GRESIK,†vol. 07, 2018.

S. D. Prabowo and E. B. Setiawan, “Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA ),†vol. 2, no. 2, 2013.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018.

M. Burhanudin, “WAKALAH BIL UJAH DALAM INVESTASI JASA PENGIRIMAN BARANG Muhammad,†vol. 13, No.1, 2019.

Downloads

Published

2022-04-16

URN