Implementasi Data Mining Dalam Estimasi Biaya Perbaikan Rumah Sakit CV Dorasi Abadi Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Penulis

  • Swandi Halomoan Siregar Stmik Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha Stmik Triguna Dharma
  • Beni Andika Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3376

Abstrak

 Perusahaan konstruksi adalah salah satu usaha dalam sektor ekonomi yang berhubungan dengan suatu perencanaan atau pelaksanaan dan pengawasan suatu kegiatan konstruksi untuk membentuk suatu bangunan atau bentuk fisik lain yang dalam pelaksanaan penggunaan dan pemanfaatan bangunan tersebut. Daya tarik yang ditawarkan oleh CV Dorasi Abadi pada umumnya berkaitan dengan kualitas layanan dan pencapaian target yang sudah diestimasi. Pelanggan membutuhkan perusahaan dalam memperbaiki pembangunan dengan mengestimasi jumlah biaya yang akan dikeluarkan dengan akurat dan cepat. Dalam mengesitimasi biaya dibutuhkan analisis data pada CV Dorasi Abadi. Hal tersebut tentu akan sangat membantu bagi pihak perusahaan CV Dorasi Abadi dalam mengestimasi biaya perbaikan operasional dalam Rumah Sakit. Berdasarkan hal tersebut pengelompokan data dapat diterapkan menggunakan konsep keilmuan Data Mining.        Penerapan Data Mining telah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya pada yang mengunakan Data Mining untuk mempredeksi. Selanjutnya algoritma yang akan digunakan untuk pengelolaan Data Mining pada kasus mengestimasi biaya perbaikan Rumah Sakit di CV Dorasi Abadi menggunakan metode Regresi Linier berganda.        Penerapan metode regresi linear berganda telah digunakan dalam berbagai kasus mengestimasi data seperti pada digunakannya regresi linear berganda untuk mengetahui pencapaian penjualan berdasarkan tren penjualan. Selain itu dalam untuk mengetahui pembiayan dalam perbaikan fasilitas Rumah Sakit. Sehingga Metode Regeresi Linear Berganda sangat sesuai dan dapat mengestimasi biaya perbaikan Rumah Sakit di CV Dorasi Abadi Kata Kunci: Data Mining, Regresi Linear Berganda, Estimasi Biaya 

Biografi Penulis

Swandi Halomoan Siregar, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

P. Katemba and R. K. Djoh, "Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH, vol. III, 2017.

E. Triyanto, H. Sismoro and D. A. Laksito, "Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda Untuk Memprediksi Produksi Padi Di Kabupaten Bantul," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. IV, no. 2477-2062, pp. 73-86, 2019.

G.Napitupuli, "Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori," Jurnal Riset Informatikaâ€, 2019.

P. Winasis, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Belanja Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Mall Cpm Jakartaâ€, 2019.

P.Katemba and R.Koro Djoh," Prediksi Tingkat Produksi Kopi Menggunakan Regresi Linear," Jurnal Ilmiah FLASH,2017.

Diterbitkan

2021-03-28

Terbitan

Bagian

Articles

URN