Implementasi Algoritma AES(Advanced Encryption Standard) Untuk Mengamankan File Soal Ujian Sekolah Dengan Kunci Algoritma 3Des (Triple DES)

Authors

  • Angga Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i11.3375

Abstract

Soal ujian sekolah adalah data yang dibuat dan dikeluarkan oleh sekolah dimana data tersebut diperoleh dari guru mata pelajaran yang bertugas dalam membuat soal ujian, jika data tersebut diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan menyebarkan nya kepada khalayak umum maka hal tersebut akan menyebabkan suatu masalah. Implementasi  merupakan  sebuah  tahapan penting pada suatu program yang telah ditetapkan agar tercapainya tujuan yang diinginkan serta dapat dirasakan dampaknya.Secara etimologi, menurut Kamus Webster yang dikutip oleh Solichin Abdul Wahab tentang pengertian implementasi yang berasal dari bahasa inggris yakni to implement. Dalam kamus besar Webster menyatakan bahwa to implement  (mengimplementasikan) itu berarti menyediakan sarana untuk melaksanakan sesuatu (to provide the means for carrying out), untuk menimbulkan dampak/akibat terhadap sesuatu (to give practical effect to). Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik pada matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan data berupa kerahasiaan, integritas, serta otentikasi suatu data.

Author Biographies

Angga Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Program Studi : Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Program Studi : Sistem Komputer

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Program Studi : Sistem Informasi

References

M. Elvira and S. Hadi, “Karakteristik Butir Soal Ujian Semester dan Kemampuan Siswa SMA di Kabupaten Muaro Jambi,†J. Eval. Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 58–68, 2016.

E. D. Saragih, N. A. Hasibuan, and E. Bu’ulolo, “Implemantasi Algoritma Triple DES Dan Algoritma Advanced Encryption Standard dalam Penyandian File,†Maj. Ilm. INTI, vol. 13, no. 3, pp. 263–269, 2018.

N. Siregar, “Perancangan Aplikasi Keamanan Pesan Teks dengan Menggunakan Algoritma Triple DES,†J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 3, no. 2, pp. 11–17, 2019.

O. K. Sulaiman, M. Ihwani, and S. F. Rizki, “Model Keamanan Informasi Berbasis Tanda Tangan Digital Dengan Data Encryption Standard (Des) Algorithm,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 1, no. 1, pp. 14–19, 2016, doi: 10.30743/infotekjar.v1i1.82.

A. R. Tulloh, Y. Permanasari, and E. Harahap, “Kriptografi Advanced Encryption Standard ( AES ) Untuk Penyandian File Dokumen,†J. Mat. UNISBA, vol. 15, no. 1, pp. 7–14, 2016.

Downloads

Published

2020-11-29

URN