Implementasi Data Mining untuk Memprediksi Jumlah Pendaftaran Calon Siswa/Siswi Baru Pada Tahun Berikutnya Di Yayasan Perguruan Al-Hizra Mis Alwashliyah Tanjung Morawa Pekan Menggunakan Metode Algoritma Classification And Regression Tree (CART)

Authors

  • Khoirunnisa Nasution Stmik Triguna Dharma Medan
  • Hafizah H Stmik Triguna Dharma Medan
  • Jufri Halim Stmik Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.3367

Abstract

Yayasan Perguruan Al-Hizra Mis Alwashliyah Tanjung Morawa Pekan memiliki berbagai kendala dan permasalahan dalam jumlah siswa/siswi yang masuk dalam setiap tahunnya, sehingga menuai pro dan kontra untuk masyarakat khususnya orang tua dari siswa/siswi yang akan ditolak ataupun diterima dari yayasan tersebut. Oleh karena itu untuk menyelesaikan masalah ini maka dibangunlah sistemuntuk memprediksi jumlah masuknya siswa/siswi untuk tahun berikutnya.Data mining adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer untuk memperbaiki berbagai permasalahan yang ada. Salah satu metode yang digunakan dalam pemecahan masalah ini adalah metode Classification And Regression Tree(CART).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode CART ini akan menghasilkan prediksi yang benar atau tidak benar jumlah siswa/siswi yang akan masuk untuk tahun berikutnya berdasarkan perhitungan dari kriteria-kriteria yang sudah ditentukan dan dimasukkan ke dalam sebuah aplikasi.

Author Biographies

Khoirunnisa Nasution, Stmik Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi, 2016

Hafizah H, Stmik Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Jufri Halim, Stmik Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

S. Ali et al., “PENGELOLAAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA SD

MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS BANYUDONO,†ثثثثثث, vol. ث ثق

p. ثق ق ث ق ث ق ث, 2018, doi: 10.1051/matecconf/201712107005.

A. Fadli, “Konsep Data Minning,†Konsep Data Min., pp. 1–9, 2003.

Ù‚ Ù‚, no. 2,

K. N. Ulfa and M. Syahrizal, “Perancangan Aplikasi Prediksi Jumlah Siswa Baru pada Yayasan Cerdas Murni menggunakan Exponential Smoothing,†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 3, no. 6, pp. 59–64, 2016, doi: 10.1109/IPDPS.2009.5161034.

J. Gaussian, “Pembentukan Pohon Klasifikasi Biner Dengan Algoritma Cart (Classification and Regression Trees),†vol. 5, no. 10, pp. 583–592, 2016.

Downloads

Additional Files

Published

2018-09-27

URN