Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada (Momordica Charantia) Tanaman Paria Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Nourman Rizky Muda STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Azlan Azlan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.3360

Abstract

Paria (Momordica charantia) atau pare merupakan tanaman herba merambat dan menjalar yang tergolong dalam keluarga Cucurbitaceae. Dalam hal ini, minimnya pengetahuan mengenai penyakit dan pembudidayaan dari tanaman paria bagi pembudidaya dapat menyebabkan kesalahan saat mendiagnosa penyakit yang menyerang tanaman paria yang berdampak pada kesalahan pengendaliannya. Untuk Memperoleh keuntungan dari pembudidayan tanaman ini maka dibutuhkan proses pembudidayaan yang tepat khususnya dalam penanganan terkait penyakit yang menyerang tanaman paria. Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun sistem yang memiliki pengetahuan seperti seorang pakar dalam mengidentifiasi dan menganalisa suatau masalah, adapun sistem ini dikenal dengan sistem pakar. Salah satu metode pada teknik probabilitas yang bisa dipakai untuk menghitung ketidakpastian tersebut yaitu metode Dempster Shafer. Hasil dari sistem ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem  pakar dapat membantu para petani paria dalam mendiagnosa penyakit pada tanaman paria (Momordica charantia) yang tepat dan cepat. Dimana, sistem ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada tanaman paria.

Author Biographies

Nourman Rizky Muda, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azlan Azlan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Q. H. Ipaulle, D. Kastono, D. B. Pertanian, F. Pertanian, and U. G. Mada, “Pengaruh Pemangkasan Batang Utama dan Cabang Primer terhadap Hasil dan Kualitas Pare ( Momordica charantia L .) The effects of Main Stem and Primary Branches Pruning on The Yield and Quality of Bitter Gourd ( Momordica charantia L .),†vol. 9, no. 3, pp. 474–487, 2020.

D. Hastari and F. Bimantoro, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Gangguan Mental Anak Menggunakan Metode,†vol. 2, no. 2, 2018.

C. Susanto, “Aplikasi Sistem Pakar untuk Gangguan Mental pada Anak dengan Metode Certainty Factor,†J. Pekomas, vol. 18, no. 1, pp. 27–36, 2015.

Diana, “IMPLEMENTASI METODE DEMPSTER SHAFER DAN DESAIN BASIS DATA PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT MATA,†J. Ilm. MATRIK, vol. 19, no. 2, pp. 161–176, 2017.

D. H. Novi Amalia, Fauziah, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Semangka Dengan Metode Dempster Shafer Berbasis Web,†vol. 4, no. December, 2019.

D. Purnomo, B. Irawan, and Y. Brianorman, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android,†J. Coding Sist. Komput. Untan, vol. 05, no. 1, pp. 23–32, 2017.

M. Ihsan, F. Agus, and D. M. Khairina, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Sistem Deteksi Penyakit Tanaman Padi,†Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 128–135, 2017.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN