Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Calon Penerima Bantuan Program Indonesia (PIP) Menggunakan Metode MOORA Pada SMP Negeri 2 Beringin SATAP

Authors

  • Anna Gaylussac Tamba STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.3358

Abstract

Program Indonesia Pintar merupakan bantuan pendidikan secara tunai yang diberikan kepada anak sekolah usia 6-21 tahun yang berasal dari keluarga kurang mampu, dimana program ini untuk membantu anak dari keluarga miskin atau tidak mampu agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat. Namun dalam penentuan calon peneriama bantuan PIP sering sekali tidak depat sasaran, kurang objektif, tidak transparan, dan tidak akuntabel.Atas dasar masalah tersebut, maka dengan memilih bidang keilmuan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan mengadopsi Metode MOORA (Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis), diharapkan dengan metode MOORA ini mampu menyelesaikan masalah sehingga bantuan yang bersifat eksklusif dapat digunakan sebaik mungkin dan dapat membantu para siswa dalam menyelesaikan pendidikan sampai tamat.Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi dengan hasil akhir yang didapatkan dalam bentuk perangkingan nilai tertinggi sampai nilai terendah dari metode MOORA sehingga dapat ditentukan siswa mana yang menjadi prioritas utama dalam mendapatkan bantuan PIP yang disediakan dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), serta Kementerian Agama (Kemenag).

Author Biographies

Anna Gaylussac Tamba, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. D. Kusbianto, Deddy; Hamdana, Elok Nur; Fahreza, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRIORITAS CALON PENERIMA PROGRAM INDONESIA PINTAR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS.â€

Y. Agusman, U. Sembilanbelas, and N. Kolaka, “Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik Implementasi Program Indonesia Pintar di Sekolah Dasar Negeri 1 Kolakaasi Kabupaten Kolaka,†vol. 4, no. 2, pp. 105–113, 2019.

S. R. Ningsih, I. S. Damanik, I. Gunawan, and W. Saputra, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELECTRE DALAM MENENTUKAN PENERIMA PROGRAM INDONESIA PINTAR ( PIP ) MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR ( KIP ) ( STUDI KASUS : SD SWASTA AL – WASHLIYAH MOHO KABUPATEN SIMALUNGUN ),†vol. I, pp. 264–275, 2017.

W. Yahyan, M. I. A. Siregar, M. Informatika, and U. E. Padang, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT BENIH PADI UNGGUL BERBASIS WEBMENGGUNAKAN METODE AHP ( Analytical Hierarchy Process ),†vol. XIII, no. 11, pp. 110–123, 2019.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967. [6] N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI ( Preference Selection Index ),†pp. 263–269, 2019.

Downloads

Published

2019-12-26

URN