Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Bantuan Bibit Padi Di Desa Sumberejo Kecamatan Pagar Merbau Dengan Metode Vise Kriterijumska Optimizacija I Kompromisno Resenje (VIKOR)

Authors

  • Aldino Irawan STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.3357

Abstract

Masyarakat di Desa Sumberejo mayoritasnya berprofesi sebagai petani. Salah satu program di Kantor Desa Sumberejo adalah pemberian bantuan bibit padi untuk petani. Staf desa mendata masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan bibit padi dengan meminta kelengkapan berkas penerimaan bantuan, lalu data disimpan ke kantor desa. Dalam pencarian data sering terjadi penumpuk kan data bentuk arsip dan tidak disimpan dalam komputer untuk pertinggal data digital. Selama ini cara penyeleksian pemberian bibit ini kurang akurat dan terburu-buru sehingga terkadang pemberian bantuan bibit tidak tepat sasaran. Dalam hal pengambilan keputusan, maka penelitian ini memerlukan sebuah pembangunan Sistem Pendukung Keputusan yang mampu dan teruji dalam pengambilan keputusan untuk pemberian bantuan bibit padi. Metode VIKOR merupakan metode yang dapat mengambil keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang akan dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan Salah satu proses dalam metode VIKOR adalah melakukan pembobotan kriteria. Bobot kriteria diperoleh dari prioritas relatif setiap kriteria yang dihasilkan pada langkah penentuan bobot kriteria. Selanjutnya adalah membuktikan kondisi Acceptable stability in decision making. Perangkat lunak yang dibangun akan menggunakan metode VIKOR, pada konsep pengambilan keputusan pemberian bantuan bibit padi. Hasil dari pengambilan keputusan pemberian bantuan bibit padi menggunakan metode VIKKOR adalah berbasis desktop dan dapat membantu kantor desa sumberejo dalam pemberian bantuan bibit padi.

Author Biographies

Aldino Irawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin

Sistem Informasi

References

N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index),†Semin. Nas. Teknol. Komput. dan Sains, pp. 263–269, 2019, [Online]. Available: http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sainteks/article/view/165/166.

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Mengunakan Metode TOPSIS Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada SMA Al Washliyah Tanjung Morawa,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

A. Amijaya, F. Ferdinandus, and M. Bayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis WEB,†CAHAYAtech, vol. 8, no. 2, p. 102, 2019, doi: 10.47047/ct.v8i2.47.

N. Sutrikanti, H. Situmorang, F. H. Nurdiyanto and M. , "Implementasi Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Calon Peserta Cerdas Cermat Tingkat SMA Menerapkan Metode VIKOR," Jurnal Riset Komputer

A. A. Trisnan, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (VIKOR)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol.5.No 2, no. ISSN 2407-389X, pp. 85-90, 2018.

Downloads

Published

2019-11-26

URN