Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pupuk Terbaik Pada Tanaman Jeruk Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making Dan Simple Additive Weighting

Authors

  • Wanda Veronika Br.pasaribu Stmik Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif
  • Trinanda Syahputra

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.3351

Abstract

Jeruk berastagi merupakan hasil yang terbesar dari Kab. Karo. Jeruk berastagi tidak hanya dipasarkan di daerah, namun keluar negeri juga sudah diexpor karena rasanya yang segar dan manis. Keberhasilan budidaya tanaman buah jeruk sangat penting diperhatikan kesehatan tanaman buah jeruk yang langsung terkait dengan intensitas perawatan, pengendalian penyakit/hama, pemangkasan, pemupukan, pengaturan air dan lain-lain. Karena pemupukan merupakan teknik budidaya yang penting pada tanaman buah jeruk, dimana pelaksanaannya harus diperhatikan prinsip efesien dan keefektifan, dimana biaya pemupukan cukup tinggi, yaitu sebesar 40-60% dari biaya pemeliharaan atau 15-20% dari biaya produksi. Hal ini menyebabkan penggunaan pupuk selain tidak efektif dan efisien juga dapat menganggu keseimbangan lingkungan. Dari permasalahan tersebut, keilmuan yang digunakan adalah Sistem Pendukung Keputusan.        Sistem Pendukung Keputusan adalah bagian sistem interaktif yang dapat membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan yang berfungsi dalam memecahkan masalah-masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun tidak terstruktur seperti dalam pemilihan pupuk jeruk terbaik. Oleh sebab itu, SPK dapat membantu memecahkan masalah dan langkah dalam proses perhitungan digunakan dua metode MADM dan SAW. Dengan Metode MADM dapat menentukan kriteria bobot dan proses SAW mendapatkan hasil keputusan pupuk  jeruk terbaik.        Hasil dengan menggunakan metode MADM dan SAW dengan menggunakan aplikasi dapat mengambil keputusan dalam penentuan pupuk jeruk dan mempermudah pengambil keputusan secara akurat dan akuntabel. Hal ini sangat berhubungan membantu pihak petani atau penjual untuk merekomedasikan pupuk jeruk yang digunakan Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, MADM, SAW, Pupuk

Author Biographies

Wanda Veronika Br.pasaribu, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra

Sistem Informasi

References

H. H. and M. S. Abdillah, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TAHANI," Jurnal Informatika Mulawarman , vol. VI, no. 3, pp. 98-104, 2016.

M. Afif, H. Haryanto, Y. Rahayu and E. Mulyanto, "Prediksi Jumlah Produksi Tas Pada Home Industri Body Star Kudus Menggunakan Fuzzy Tsukamoto," Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, vol. VII, no. 2, pp. 119-130, 2017.

S. R. Hidayatullah, N. Rubiati and R. Kurniawan, "IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PENENTUAN KELAYAKAN KARYAWAN MENDAPAT REWARD DITOKO ROTI MENGUNAKAN METODE TSUKAMOTO," Jurnal Informatika, vol. X, no. 2, pp. 56-65, 2017.

A. T. Purba, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)," Jurnal Tekinkom, vol. IV, no. 1, pp. 1-7, 2018.

T. Mufizar, T. Nuraen and A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota CORIS, vol. I, no. 1, pp. 68-82, 2017.

R. TAUFIQ and H. P. SARI, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO," Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. VIII, no. 1, pp. 6-10, 2019.

Downloads

Published

2020-09-29

URN