SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PENGANGKATAN KEPALA CABANG PADA PT.PERMODALAN NASIONAL MADANI (PERSERO) DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (SMART)

Authors

  • Kristina Nofianti Panggabean Stmik Triguna Dharma
  • Saiful Nur Arif StmikTriguna Dharma
  • Trinanda Syahputra Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3350

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan tentu saja tak lepas dari peran serta tenaga kerja sebagai Sumber Daya manusia (SDM) yang menjalankan segala macam aktifitas demi kemajuan tempat kerjanya Demi meningkat kinerja perusahaan dan terlaksana visi misi perusahaan, perusahaan menyeleksi kandidat-kandidat yang begitu banyak. Dalam masalah tersebut, penyelesaian menentukan pengangkatan Kepala Cabang pada PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) , maka sistem yang diambil menggunakan sistem pendukung keputusan.. Sistem Pendukung Keputusan dapat digunakan berbasis computer memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur. Cara kerja sistem ini mencakup seluruh tahap metode pengambilan masalah menentukan pengangkatan Kepala Cabang pada PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) , maka sistem pendukung keputusan dapat diselesaikan dengan SMART. Metode SMART merupakan suatu metode pengambilan keputusan multi kriteria yang didasarkan pada teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai dan setiap kriteria memiliki bobot untuk menggambarkan seberapa penting nilainya dibandingkan dengan kriteria yang lainHasil yang didapatkan membantu dalam penentuan kepala cabang dengan cepat dan akurat dengan aplikasi yang dibangun secara cepat dan akurat. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Kepala Cabang

Author Biographies

Kristina Nofianti Panggabean, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Saiful Nur Arif, StmikTriguna Dharma

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. W. Al-Hafiz, M. and S. , "Sistem Pendukung Keputusan Penentukan Kredit Pemilikan Rumah Menerapkan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. I No 1, no. 2597-4645, pp. 306-309, 2017.

A. Syahputra, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. I No 3, no. 2548-8368, pp. 207-214, 2020.

Sundari Retno Andani, " Penerapan Metode SMART dalam Pengambilan Keputusan Penerima Beasiswa Yayasan AMIK Tunas Bangsa " JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), vol. VII No 3,2019.

A. S. R. A. Binjori, H. R. Br Hutapea and M. Syahrizal, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 61-65, 2018.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

Downloads

Published

2021-02-28

URN