SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT KEBERHASILAN GURU TERBAIK PADA SMP NEGERI 1 PANCUR BATU MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT (WASPAS)

Authors

  • Kurniawan Halawa Stimik Triguna Dharma
  • Ishak Ishak Stimik Triguna Dharma
  • Rina mahyuni Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.3348

Abstract

         Keberhasilan guru terbaik adalah hasil kerja nyata secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya yang meliputi menyusun program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan mutu Keberhasilan guru di lingkungan pendidikan telah lama di lakukan. Untuk menjaga kualitas Keberhasilan guru, SMP Negeri 1 Pancur Batu melakukan penilaian setiap tahunnya terhadap guru di lingkngan SMP Negeri 1 Pancur Batu guna mengetahui keberhasilan guru terbaik tersebut. SMP Negeri 1 Pancur Batu berkembang sangat pesat. Dalam mengukur penilaian guru atas keberhasilan mengajar, maka menentukan tingkat keberhasilan guru terbaik membutuhkan suatu sistem yang dapat mengambil keputusan yaitu sistem pendukung keputusan.         Sistem Pendukung Keputusan dapat digunakan berbasis computer memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur. Cara kerja sistem ini mencakup seluruh tahap menganalisa masalah dalam menentukan tingkat keberhasilan guru terbaik, maka sistem pendukung keputusan dapat diselesaikan dengan WASPAS. Metode WASPAS yang efektif tentang masalah yang kompleks dengan menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan dengan menyelesaikan masalah menjadi bagian-bagiannya, mengatur bagian atau variable. Pengambilan keputusan pada masalah proses menentukan tingkat keberhasilan guru terbaik diselesaikan dengan menggunakan metode WASPAS.         Hasil dengan menggunakan metode WASPAS dengan menggunakan aplikasi dapat mengambil keptuusan tingkat keberhasilan guru terbaik secara akurat dan akuntabel. Hal ini sangat berhubungan memberikan inspirasi sesuatu hal yang belum pernah ada pada kalangan guru. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, WASPAS, Keberhasilan Guru Terbaik.    

Author Biographies

Kurniawan Halawa, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ishak Ishak, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rina mahyuni, Stmik Triguna Dharma

Bahasa Ingris

References

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean And T. H. Sihotang, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Ahp Pada Kantor Kelurahan Mangga," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Vol. Ii No.1, No. 2541-3724, Pp. 22-31, 2017.

R. Manurung, F. R. Sitanggang, F. T. Waruwu And F. , "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi," Jurnal Riset Komputer (Jurikom), Vols. V, No1, No. 2407-389x, Pp. 79-84, 2018.

K. A. Chandra And S. Hansun, "Sistem Rekomendasi Pemilihan Laptop Dengan Metode Waspas," Jurnal Ecotipe, Vols. Vi, No.2, No. 2622-4852, Pp. 76 - 81, 2019.

T. And D. Kurniawan, "Implementation Of The Weighted Aggregated Sum Product Assesment Method In Determining The Best Rice For Serabi Cake Making," Ijid International Journal On Informatics For Development, Vol. Viii, No. 2549-7448, Pp. 41-46, 2019.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2021-09-30

URN