Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Atensi Minat Bakat Peserta Didik Baru Pada Namira Islamic School Medan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory

Authors

  • Jaka Suprayatna STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma
  • Vina Winda Sari STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.3342

Abstract

Minat adalah faktor pendukung bagi pengembangan bakat karena tanpa minat, bakat tidak akan berguna, dan sebaliknya pula bakat tanpa minat akan sulit untuk mengembangkannya. Minat dan bakat merupakan hal yang sangat penting di dalam pendidikan. Melalui tes minat dan bakat, peserta didik dapat lebih mengetahui potensi dirinya termasuk kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi akademis, non akademis maupun kepribadian. Sehubungan dengan perkembangan teknologi saat ini dalam menemukan potensi minat dan bakat peserta didik tidak hanya melalui tes namun dapat memanfaatkan teknologi komputer yang salah satunya dengan pemanfaatan sebuah sistem pendukung keputusan yang mengadposi metode. Multi Attribute Utility Theory merupakan salah satu jenis metode sistem pendukung keputusan yang dapat diterapkan. Metode Multi Attribute Utility Theory digunakan untuk merubah dari beberapa kepentingan kedalam nilai numerik dengan skala 0-1 dengan 0 mewakili pilihan terburuk dan 1 terbaik. Hal ini memungkinkan perbandingan langsung yang beragam ukuran. Hasil akhirnya adalah urutan peringkat dari evaluasi alternatif yang menggambarkan pilihan dari para pembuat keputusan.

Author Biographies

Jaka Suprayatna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Vina Winda Sari, STMIK Triguna Dharma

Akuntansi

References

W. Yulianti, “Aptitude Testing Berbasis Case-Based Reasoning Dalam Sistem Pakar Untuk Menentukan Minat Dan Bakat Siswa Sekolah Dasar,†Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 1, no. 2, pp. 104–118, 2016, doi: 10.36341/rabit.v1i2.28.

N. M. Saparripin Idris, Anggie Maulidiya, Evina, “PROTEKSI MINAT DAN BAKAT PESERTA DIDIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 MEDAN,†J. Pendidik. Islam, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

A. Fadillah, “Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,†M A T H L I N E J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 113–122, 2016, doi: 10.31943/mathline.v1i2.23.

R. Saragih, “Sistem Pakar Mengidentifikasi Minat Bakat Anak Dengan Metode Certainty Factor,†J. Teknol. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 1, no. 1, pp. 143–147, 2018, doi: 10.34012/jutikomp.v1i1.462.

U. T. Mataram, “Sistem Monitoring Penelusuran Minat Dan Bakat Mahasiswa,†EXPLORE, vol. 10, no. 1, pp. 14–22, 2020.

N. Hadinata, “Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit,†SISFOKOM, vol. 7, no. 2, pp. 79–89, 2018.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,†J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017

D. Aldo, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory ( Maut ),†Jursima, vol. 7, no. 2, p. 76, 2019, doi: 10.47024/js.v7i2.180.

Novri, “Novri Hadinata,†Implementasi Metod. Multi Attrib. Theory(MAUT) Pada Sist. Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit, vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

Downloads

Published

2020-09-29

URN