E-Recruitment Dalam Menentukan Frontliner Staff Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk Medan Menggunakan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis)

Authors

  • Siti Aisyah Lubis STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Beni Andika STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3337

Abstract

Dalam suatu perusahaan bidang perbankan, tidak terlepas dari yang namanya frontliner staff. Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk Medan (Kantor Cabang Iskandar Muda Unit Sumber Nongko) sendiri frontliner merupakan hal yang utama di dalam perusahaannya. Namun proses rekrutmen frontliner staff yang dilakukan masih secara manual sehingga pada saat seleksi pelamar frontliner staff menjadi tidak akurat, dan tidak sesuai dengan kriteria perusahaan, maka dari itu proses rekrutmen frontliner staff sering mengalami kurangnya efisien dan efektifitasnya. Untuk membantu agar proses rekrutmen frontliner staff menjadi lebih baik kedepannya, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang merupakan sistem berbasis komputer menggunakan website atau disebut e-recruitment sehingga dapat membantu mendukung sebuah keputusan yang dihasilkan melalui dukungan metode MOORA dengan menentukan nilai terbesar hingga terkecil, maka perusahaan akan lebih mudah memilih prioritas pelamar frontliner staff sesuai kriteria perusahaan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, Sistem Pendukung Keputusan berhasil dibangun guna membantu masalah untuk menentukan frontliner staff pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk Medan (Kantor Cabang Iskandar Muda Unit Sumber Nongko). Sehingga frontliner staff yang diprioritaskan untuk diajukan sesuai dengan kapabilitas yang dimiliki.

Author Biographies

Siti Aisyah Lubis, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Beni Andika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Agustina, “Penentuan Team Leader, Supervisor Dan Facility Services Pada Perusahaan Jasa Berdasarkan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),†J. Ilm. Matrik, vol. 21, no. 1, pp. 64–75, 2019.

N. E. ER, “Kepemilikan Sertifikasi Kompetensi Dalam Seleksi Frontliners Bank Syariah BUMN Di Yogyakarta,†J. Ekon. Islam, vol. 7, no. 1, pp. 1–18, 2020.

I. Isral, S. Sutarman, and E. S. Asih, “Sistem Informasi E-Recruitment pada PT Gandum Mas Kencana Tangerang,†J. Sisfotek Glob., vol. 9, no. 1, pp. 26–33, 2019.

M. Mesran and E. Al, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA,†Ejurnal.stmik-budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2018.

A. D. Putra, D. H. Zulfikar, and A. I. Alfresi, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Pada PDAM Martapura Oku Timur Menggunakan Metode MOORA,†J. Digit. Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2020.

Downloads

Published

2019-10-26

URN