Rancang Bangun Alat Pembersih Kain Pel / Mop Sheet Menggunakan Teknik Counter Berbasis Arduino

Authors

  • Fauduzatulo Ndruru STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3334

Abstract

Pel lantai merupakan alat rumah tangga yang digunakan untuk membersihkan lantai. Pel lantai diklasifikasikan dalam dua divisi utama baik sebagai pel basah atau kering. Pel basah biasanya digunakan untuk membersihkan lantai dapur dan kamar mandi. Sering terjadi beberapa masalah dalam mengepel, diantaranya memakan banyak waktu sehingga pekerjaan lain tertunda, dan air pembilasan sering tercecer atau tumpah pada saat membilas kain pel.Oleh karena itu, pembuatan sistem alat pembersih kain pel/mop sheet menggunakan teknik counter berbasis arduino uno akan membantu meringankan pekerjaan dan meringankan biaya operasional perusahaan dalam pengeluaran anggaran di sektor kebersihan salah satunya seperti tujuan penelitian ini yaitu pembersihan lantai menggunakan pel. Karena pengguna atau user yang sedang mengepel dapat memeras kain pel dengan bantuan alat pembersih kain pel otomatis untuk mempercepat pekerjaan.Hasil dari penelitian ini mampu mengatasi permasalahan dalam pengoperasiannya yaitu dapat membersihkan kain pel dengan efektif dan efisien sehingga pengguna tidak lagi memerasnya secara manual.

Author Biographies

Fauduzatulo Ndruru, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem informsi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

T. A. Kurniawan, “Perancangan Sistem Pengendali Lampu Berbasis Sms Gateway Dengan Mikrokontroler Atmega 8535,†pp. 189–198, 2017.

M. Amin, “Sistem Cerdas Kontrol Kran Air Menggunakan Mikrokontroler Arduino dan Sensor Ultrasonic,†InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 2, pp. 0–4, 2020.

R. A. Putra and E. Fitriani, “Rancang Bangun Pengaman Pintu Otomatis Dengan RFID ( Radio Frequency Identification ) Dan Sensor Piezoelektrik Menggunakan Arduino Uno,†pp. 92–102.

S. D. Syahputra, “Konveyor Pengantar Makanan dan Minuman Direstaurant berbasis MikrokontrollerDengan Teknik PWM ( Pulse Width Modulation ),†vol. 4307, no. August, pp. 116–121, 2020.

L. I. Tarigan, D. Saripurna, and S. Murniyanti, “Rancang Bangun Mesin Pompa Air Otomatis Untuk Penyaluran Air Dari Tangki Ke Kran Pengambilan Air Di Desa Regaji Menggunakan Teknik Counter Berbasis Mikrokontroler,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 3, no. 2, pp. 81–87, 2020.

Downloads

Published

2020-02-28

URN