Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Memprediksi Curah Hujan Harian Menggunakan Metode Backpropagation

Authors

  • Krisnawaty Krisnawaty Stimik Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan Stimik Triguna Dharma
  • Firahmi Rizky Stimik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.3332

Abstract

Keadaan iklim yang tidak menentu menyebabkan curah hujan menuju ke arah (trend) meningkat atau menurun. Intensitas curah hujan dapat menjadi dasar dalam memperkirakan dampak hujan seperti bencana banjir, tanah longsor dan kekeringan. Selain bencana prediksi curah hujan juga bisa dimanfaatkan pada bidang pertanian, industri serta perdagangan atau perekonomian untuk mengambil langkah-langkah atau kebijakan terkait. Dari pembahasan sebelumnya, bahwa pemecahan masalah dalam meprediksi curah hujan, maka keilmuan yang digunakan metode jaringan saraf tiruan.        Jaringan Saraf Tiruan adalah pemodelan data yang kuat yang mampu menangkap dan mewakili hubungan Input-Output yang komplek, karena kemapuan untuk memecahkan beberapa masalah relatif mudah digunakan, ketahanan untuk menginput data kecepatan untuk eksekusi, dan menginisialisasikan sistem yang rumit. Dengan adanya suatu jaringan saraf tiruan yang ditujukan untuk melakukan meprediksi  curah hujan di daerah kota Medan. Dengan jaringan saraf tiruan , maka metode yang cocok yaitu metode Backpropagation        Hasil sistem yang menerapkan metode Backpropagation untuk menyelesaikan permasalahan dalam memprediksi curah hujan harian yang efisien ataupun efektif. Kata Kunci: Jaringan Saraf Tiruan, Backpropagation, Curah Hujan.

Author Biographies

Krisnawaty Krisnawaty, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Firahmi Rizky, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. W. Al-Hafiz, M. and S. , "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUKAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH MENERAPKAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)," KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. I No 1, no. 2597-4645, pp. 306-309, 2017.

A. Syahputra, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Pre-Wedding di Kota Medan dengan Menggunakan Metode VIKOR dan BORDA," Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. I No 3, no. 2548-8368, pp. 207-214, 2020.

C. Lukita, C. Nas and W. Ilham, "Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan," Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. V No 3, no. 2460-3465, pp. 130-137 , 2019.

A. S. R. A. Binjori, H. R. Br Hutapea and M. Syahrizal, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA)," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, no. 1, pp. 61-65, 2018.

E. N. A. Hidayah and E. Fetrina, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE MATCHING," Jurnal Sistem Informasi, vol. X, no. 2, pp. 127-134, 2017.

D. Nofriansyah, Multi Criteria Decision Making, Yogyakarta: CV.Budi Utama, 2017.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles

URN