Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Seragam Pada Produksi Barang Di Rumah Jahit SFD Padang Bulan Medan

Authors

  • Daymora Emilia Br Manik STMIK Triguna Dharma
  • Azanuddin Azanuddin STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.3330

Abstract

Perencanaan dalam memproduksi barang adalah hal utama bagi peusahaan. Permintaan konsumen yang sering berubah setiap waktu terkadang tidak sebanding dengan jumlah produksi perusahaan. Penentuan jumlah produksi merupakan salah satu proses pengambilan keputusan yang cukup penting. Salah satu kesulitan penentuan jumlah produksi terjadi manakala berhadapan dengan ketidakpastian. Sistem Pendukung Keputusan ini dikembangkan bertujuan untuk membantu menentukan jumlah produksi seragam. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto yang menghasilkan suatu model dari suatu sistem yang mampu memberikan rekomendasi jumlah produksi yang diterapkan dalam suatu sistem pendukung keputusan. Metode Fuzzy Tsukamoto dalam menentukan jumlah produksi berdasarkan 3 variabel yaitu jumlah permintaan, jumlah persediaan, dan jumlah produksi. Setiap variabel terdiri dari dua himpunan yang dikombinasikan hingga diperoleh empat aturan fuzzy, yang selanjutnya digunakan dalam tahap inferensi. Persediaan barang dan jumlah permintaan digunakan sebagai variabel yang akan direpresentasikan dengan fungsi keanggotaan fuzzy. Selanjutnya metode Fuzzy Tsukamoto untuk menentukan jumlah produksi diterapkan dalam sistem pendukung keputusan, kemudian sistem pendukung keputusan akan mengolah data-data tersebut dengan metode Fuzzy Tsukamoto dan akan menampilkan keluaran (output) berupa jumlah barang yang akan diproduksi. Berdasarkan hasil pengujian akurasi diperoleh nilai kesalahan dari hasil peramalan yang kecil yakni 0,050555221%. Hasil dari metode Fuzzy Tsukamoto memiliki kesesuaian dengan hasil data perusahaan tersebut.

Author Biographies

Daymora Emilia Br Manik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Azanuddin Azanuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. P. Kusuma, W. D. Puspitasari, and T. Gustiyoto, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Jumlah Produksi Seragam Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto,†Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 1–14, 2018, doi: 10.35457/antivirus.v12i1.431.

A. Simanullang and M. S. Sinaga, “Menentukan Jumlah Produksi Berdasarkan Permintaan dan Persediaan Dengan Logika Fuzzy Menggunakan Metode Mamdani,†Semnastika Unimed, 2017.

A. H. Hasibuan, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dengan Metode Tsukamoto ( Studi Kasus Pada PT. INDOSAT OOREDOO TBK ),†J. Pelita Inform., vol. 17, no. 2, pp. 146–149, 2018.

B. C. Kosasih and N. Setiyawati, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pemesanan Barang Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus: Studio Foto Kencana),†J. Algoritm. Log. dan Komputasi, vol. 3, no. 1, pp. 215–222, 2020.

Downloads

Published

2019-09-26

URN