Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Lokasi Cabang Pada Rumah Kue D&D Dengan Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Desy Angelica Br Ginting STMIK Triguna Dharma
  • Purwadi P STMIK Triguna Dharma
  • Yopi Hendro Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.333

Abstract

Rumah Kue D&D adalah toko kue rumahan yang memiliki cita rasa yang tidak diragukan. Toko kue ini sudah memiliki 3 cabang yang tepatnya berada di Ringroad, Medan Johor dan Cik Ditiro. Pihak toko berencana ingin mendirikan lokasi cabang baru di daerah lainnya agar Rumah Kue D&D dapat semakin dikenal dan dinikmati oleh setiap kalangan masyarakat di berbagai daerah kota Medan. Dalam memilih lokasi cabang sebuah toko kue tentu tidak mudah dikarenakan adanya pertimbangan yaitu suatu strategi yang menjadi sebuah kriteria dalam memutuskan lokasi mana yang tepat untuk menjadi tempat usaha. Kriteria yang digunakan diantaranya adalah luas bangunan, harga sewa, jarak toko baru dengan jalan arteri, kepadatan penduduk dan keamanan. Dengan terdapatnya permasalahan di atas, dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dibutuhkannya sistem pendukung keputusan untuk memudahkan penentuan hasil keputusan penentuan lokasi yang dapat sesuai sasaran. Dimana Sistem Pendukung Keputusan ialah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah yang relatif kompleks dengan memberikan suatu solusi. Dalam menguatkan hasil pendukung keputusan yang lebih akurat dibutuhkan suatu metode yang sederhana namun kuat dan stabil dalam perhitungannya yaitu Multi Objective Optimization on the basis of Ratio Analysis (MOORA). Metode MOORA juga memiliki taraf selektifitas yang bagus karena mampu menetapkan tujuan dan kriteria yang berlawanan, yaitu kriteria yang memiliki nilai menguntungkan (Benefit) maupun yang kurang menguntungkan (Cost).

References

A. Y. Saputra, Y. Primadasa, “Penerapan Metode MOORA Dalam Pemilihan Sekolah Dasar,†Sistemasi, vol. 8, pp. 305–312, 2019.

A. Muharsyah, S. R. Hayati, M. I. Setiawan, H. Nurdiyanto, and Yuhandri, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan MultiObjective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),â€J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

M. Samuel, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora Studi Kasus : SMP Negeri 1 Palipi,†J.Stindo Profesional, Vol. 25, no. 1, pp. 90-95, 2017.

D. Nofriansyah, S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan, Ed1, Yogyakarta: Deepublis, 2017.

Downloads

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN