Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Aplikasi E-Learning Yang Layak Digunakan Selama Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode MOORA

Authors

  • Sartika Sibarani STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.3324

Abstract

SMA N 1 Silaen adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Toba Samosir dengan alamat  Jl.Parsoburan, yang berdiri sejak tahun 1998 dan terakreditasi B. dengan jumlah guru 40 orang serta jumlah siswa 641 orang. Biasanya sekolah ini melakukan proses pembelajaran secara langsung/bertatap muka 6 kali pertemuan dalam seminggu. Namun seperti yang kita ketahui bahwa Negara kita sedang diserang virus yang sangat berbahaya yaitu covid-19. Oleh karena itu proses pembelajaran diubah menjadi sistem online menggunakan aplikasi E-Learning. Dalam mempermudah pengambilan keputusan terkait penentuan aplikasi e-learning yang layak maka dibuatlah sebuah program Sistem Pendukung Keputusan.  Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem yang berguna dalam membantu user dalam menetukan sebuah keputusan dengan proses yang sistematis. Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan untuk menentukan suatu yang memiliki nilai kriteria. Dalam penyelesaian masalah terkait penentuan aplikasi pembelajaran online yang layak, metode yang digunakan adalah metode MOORA. Yang mana metode MOORA ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Mendesain Sistem Pendukung Keputusan dalam penentuan aplikasi E-learning yang layak digunakan dalam proses pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di SMA N 1 Silaen. Kedua, menentukan rangking berdasarkan perhitungan  Metode MOORA yaitu Aplikasi Google Meet dengan nilai tertinggi yaitu 0.2083. Ketiga, Sistem yang dibangun berbasis desktop/single user sehingga hasilnya dapat dilihat secara langsung melalui komputer dan laptop. Keempat, Hasil implementasi dari sistem yang dibangun memiliki keluaran laporan terkait penentuan aplikasi yang layak digunakan selama masa pandemi covid-19 di SMA N 1 Silaen.

Author Biographies

Sartika Sibarani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

U. Menentukan, P. Belajar, S. R. Informatika, J. Jendral, and S. No, “IMPLEMENTASI BELAJAR SISWA E-LEARNING PADA SMK PUSTEK SERPONG Pustek Serpong , merupakan bagian dari kemajuan proses pembelajaran pada Kurikulum.â€

B. J. Hutapea, M. A. Hasmi, and A. Karim, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Kulit Terbaik Untuk Pembuatan Sepatu Dengan Menggunakan Metode VIKOR,†vol. 5, no. 1, pp. 6–12, 2018.

J. Afriany, L. Ratna, S. Br, I. Julianty, and E. L. Nainggolan, “Penerapan MOORA Untuk Mendukung Efektifitas Keputusan Manajemen Dalam Penentuan Lokasi SPBU,†vol. 5, no. 2, pp. 161–166, 2018.

A. Muharsyah, S. R. Hayati, M. I. Setiawan, and H. Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi- Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis ( MOORA ),†vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

N. Hadinata, “Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory ( MAUT ) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit,†vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

N. W. Al-hafiz, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUKAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH MENERAPKAN MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS ( MOORA ),†vol. I, pp. 306–309, 2017.

K. Nisa, A. Nur, and S. R. Andani, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN OPERATOR SELULER MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS ( MOORA ),†vol. 2, pp. 305–310, 2018.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN