Decision Support System Menentukan Kelayakan Persil Tanah Penanaman Pohon Sengon Menggunakan Metode MAUT (Multi Attribute Utility Theory) Pada PT.Tanaman Industri Lestari Simalungun

Authors

  • Cherly Abrilla STMIK Triguna Dharma Medan
  • Ardianto Pranata STMIK Triguna Dharma Medan
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.3320

Abstract

Persil tanah merupakan sebidang tanah atau lahan dengan ukuran tertentu. Dalam memilih persil tanah penanaman pohon sengon PT. TILS mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan dalam memilih persil tanah  yang layak karena sistem pemilihan yang masih melakukan pencatatan secara manual, sehingga pengambilan keputusan memerlukan jangka waktu yang lama.Atas dasar masalah tersebut, maka dengan memilih bidang keilmuan sistem pendukung keputusan dengan mengadopsi metode MAUT (Multi Attribute Utility Theory) persil penanaman pohon sengon, diharapkan dengan metode MAUT ini mampu menyelesaikan masalah dengan kriteria-kriteria yang sesuai standart kualifikasi perusahaan secara transparan , tepat, efektif dan efisien.Hasil akhir dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi sistem pedukung keputusan yang mengadopsi metode MAUT yang mampu menjawab permasalahan yang ada pada PT. Tanaman Industri Lestari Simalungun Untuk mengambil keputusan menentukan kelayakan persil tanah penanaman pohon sengon.

Author Biographies

Cherly Abrilla, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Komputer

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

S. Astana et al., Kiat Berbisnis Sengon: Tanam Sekali Untung Berkali-kali. 2016.

H. Situmorang, B. Damanik, S. Sibagariang, I. H. G Manurung, and U. Sari Mutiara Jl Kapten Muslin No, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pemberian Kredit Menggunakan Metode Topsis Pada Perusahaan Leasing Cs Finance,†vol. 4, no. 2, pp. 2502–714, 2019.

D. Nofriansyah and S. Devit, Multi Criteria Decision Making Pada Sistem Pendukung Keputusan. Cv.budi utama, 2017.

S. Djasmayena, Y. Yunus, and R. E. Putra, “Pemilihan Supplier Obat yang Tepat Menggunakan Metode Multi Attribut Utility Theory,†J. Inf. Teknol., vol. 1, no. 4, pp. 47–54, 2019, doi: 10.37034/jidt.v1i4.27.

Novri, “Novri Hadinata,†Implementasi Metod. Multi Attrib. Theory(MAUT) Pada Sist. Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit, vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN