Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Bibit Semangka Yang Terbaik Di Dinas Pertanian Desa Sei Belutu Kecamatan Sei Bamban Dalam Upaya Peningkatan Hasil Pann Menggunakan Metode Additive Ration Assessment (ARAS)

Authors

  • Irwansyah Tampubolon STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3311

Abstract

Bibit semangka merupakan salah satu factor penentu yang sangat berpengaruh dalam pembudidayaan semangka atau pada masa pertumbuhannya, sebab awal dalam pembudidayaan yang baik tergantung dalam baik tidaknya bibit yang digunakan dengan lahan yang baik dan perawatan pada masa perumbuhannya hingga pada masa panen.Metode yang digunakan adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dijadikan sebagai alternatif aplikasi sistem yang membatu dalam mengambil keputusan dalam menentukan bibit semangka yang terbaik. Sistem ini dibangun menggunakan Additive Ration Assessment (ARAS). Motode merupakan metode umum dan banyak di terapkan untuk membantu pengambilan keputusan dalam mengambil suatu keputusan (hanya sebagai landasan).Berdasarkan analisa data yang dilakukan dapat disimpukan bahwa dalam menganalisa untuk menentukan bibit semangka yang terbaik mengunakan metode ARAS, kemudian setiap Alternatif diberi nilai berdasarkan kriteria yang ada, selanjutnya dilakukan proses perhitungan dengan mengunakan algoritma dari metode ARAS. 

Author Biographies

Irwansyah Tampubolon, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

“PENINGKATAN KUALITAS SEMANGKA DENGAN ZAT PENGATUR TUMBUH GIBERELIN,†vol. 18, no. 2, pp. 1–11, 2018.

V. Angela and B. Syukri, “PENGARUH PUPUK TANIJAU DAN NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SEMANGKA ( Citrullus benih unggul dan pemupukan . Benih,†vol. XIX, pp. 149–162, 2020.

J. P. Tanaman, K. F. Setyawan, J. Timur, K. Pakusari, W. Penyerbukan, and K. Benih, “UPAYA PEMBENTUKAN BENIH UNGGUL POLLINATION IN WATERMELON FLOWER ( Citrullus vulgaris ) AS THE,†vol. 6, no. 7, pp. 1427–1432, 2018.

A. Y. Labolo, “MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ),†vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2020.

J. I. Komputer and I. Volume, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Pergururan Tinggi Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting),†vol. 6341, no. April, pp. 36–44, 2020.

J. Afriany and S. Aisyah, “Implementasi Metode ARAS Dalam Pemberian Keputusan Bonus Tahunan Karyawan,†no. 2018, pp. 484–491, 2019.

H. Susanto, I. Pendahuluan, A. S. P. Keputusan, P. Decision, and M. Matrix, “PENERAPAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT ( ARAS ) DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUSU GYM,†vol. 5, pp. 86–90, 2018.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN