Pemilihan Pestisida Yang Tepat Pada Tanaman Cabai Menggunakan Metode WASPAS

Authors

  • Ayu Suryani Sitompul STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Sobirin Sobirin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i4.3300

Abstract

Dalam hal budidaya tanaman cabai, masalah yang sering dihadapi para petani adalah hama, khususnya pada tanaman cabai, dimana hama merupakan organisme penyebab kerusakan pada tanaman, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk menangani hama tersebut dibutuhkan pestisida atau racun tanaman, namun para petani masih sering salah dalam penggunaan pestisida.Untuk menangani masalah di atas, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan  yang dapat membantu para petani dalam memilih pestisida pada tanaman cabai, dimana Sistem Pendukung Keputusan merupakan bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung atau membantu pengambilan keputusan untuk suatu organisasi, perusahaan, lembaga pendidikan dan tentunya juga pada bidang pertanian, dan metode yamg dipakai dalam sistem ini adalah metode WASPAS, dimana metode WASPAS adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan sistem pendukung keputusan pemilihan pestisida yang tepat pada tanaman cabai yang nantinya dapat digunakan pelajar ataupun mahasiswa yang sedang melakukan penelitian dalam hal pencegahan dan penanggulangan hama.Hasil yang didapatkan dalam aplikasi berbasis dekstop yang menggunakan metode WASPAS  yaitu menampilakan hasil keputusan dalam menentukan pestisida yang tepat untuk tanaman cabai dengan menampilakan perangkingan dari yang tertinggi hingga terendah dalam bentuk laporan dengan cepat dan efisien.  Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, WASPAS, Pestisida

Author Biographies

Ayu Suryani Sitompul, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Sobirin Sobirin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Sinaga, “IMPLEMENTASI PROMETHEE II DALAM PEMILIHAN PESTISIDA TERBAIK UNTUK PERAWATAN DAUN PADA TANAMAN CABE,†2018.

L. T. Sianturi, F. B. Manurung, C. Sitinjak, and D. S. L. Siantar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pestisida Terbaik Dalam Mencegah Hama Pada Tanaman Padi Dengan Menggunakan Metode WASPAS,†Semin. Nas. Sains dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 122–129, 2018.

A. A. Fitri, I. M. A. Pradnyana, and I. G. M. Darmawiguna, “Decision Support System for ‘Buleleng Cerdas’ Program Social Fund Recipient Candidates with Analytical Hierarchy Process (AHP) and Simple Additive Weighting (SAW) Method,†Sci. J. Informatics, vol. 5, no. 2, pp. 213–223, 2018, doi: 10.15294/sji.v5i2.16457.

E. Ningsih, Dedih, and Supriyadi, “Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 244–254, 2017.

H. Ltifi, G. Trabelsi, M. Ben Ayed, and A. M. Alimi, “Dynamic Decision Support System Based on Bayesian Networks Application to fight against the Nosocomial Infections,†vol. 1, no. 1, pp. 22–29, 2012, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/1211.2126.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Articles

URN