Implementasi Pengamanan Data Pasien RSU Mitra Sejati Medan Dengan Menggunakan Metode Rivest Code (RC4)

Authors

  • Deta Sari Gultom STMIK Triguna Dharma
  • Badrul Anwar STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i1.3296

Abstract

RSU Mitra Sejati rumah sakit yang berada di Medan Johor, kota medan. Merupakan salah satu tempat yang menyediakan atau menyelengaraan upaya kesehatan yaitu setiap kegiatan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan. Disamping itu RSU Mitra Sejati memiliki keluhan data atau belum adanya pengunci keamanan data pasien dalam sistem yang digunakan. Sehingga timbulnya, penyerangan dan faktor kesengajaan pencurian data. Akibat yang muncul dari ancaman tersebut yakni kepercayaan pasien terhadap perlindungan data menjadi berkurang. Salah satu solusi untuk mengatasi keamanan dan kerahasian data pasien adalah dengan cara melakukan enkripsi terhadap data pasien yang akan diamankan dan waktu yang dipergunakan untuk penyandian data tidak lama dan tergantung berapa besar data pasien yang akan diamankan. Kriptografi merupakan cara yang dilakukan dengan menyandikan pesan asli menjadi pesan acak yang sulit dipahami. Didalam kriptografi terdapat dua proses utama yaitu enkripsi dan dekripsi. Metode yang dipakai adalah metode Rivest Code 4 (RC4) karena metode ini merupakan salah satu metode yang hasil penyandian (ciphertext) memiliki ukuran panjang karakter yang sama dengan pesan aslinya (plaintext)..Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem apalikasi keamanan dalam algoritma RC4 data pasien RSU Mitra Sejati data yang tersimpan di dalam database pada data pasien berhasil di enkripsi sehingga terjamin kerhasiaan dan keamaman data nya. Ketika orang lain ingin membuka nya maka akan sulit membacanya karena sudah di enkripsi dalam bentuk  algoritma RC4.

Author Biographies

Deta Sari Gultom, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Badrul Anwar, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Marbun, “Implementasi Sistem Pengamanan Data Barang Pada Pt . Matahari Putra Prima, Tbk,†J. Mantik Penusa, vol. 18, no. 2, pp. 1–10, 2015, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/128.

M. K. Ruri Hartika Zain, S. Kom, “Perancangan Dan Implementasi Cryptography Dengan Metode Algoritma Rc4 Pada Type File Document Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6 . 0,†J. Momentum ISSN 1693-752X, vol. 12, no. 1, pp. 71–81, 2012, [Online]. Available: https://ejournal.itp.ac.id/index.php/momentum/article/view/91.

M. Steganografi and A. Pada, “IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI RC4 DAN,†vol. 04, no. 02, pp. 81–88, 2017.

P. Aplikasi and P. Planing, “IMPLEMENTASI RC4 STREAM CIPHER UNTUK KEAMANAN BASIS DATA,†no. January 2012, 2017.

J. H. Lubis, “Implementasi Keamanan Data Dengan Metode Kriptografi XOR,†J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 2, no. 2, pp. 1–4, 2018.

Downloads

Published

2019-04-30

URN