Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Kelompok Tani Layak Menerima Bantuan Bibit Bawang Merah Menggunakan Multi-Objective Optimization By Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Umi Rahmah STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.3291

Abstract

Dalam dinas pertanian banyak bantuan yang sudah disalurkan kepada masyarakat, salah satunya adalah bantuan bibit bawang merah. Semakin banyaknya minat masyarakat untuk mengikuti bantuan tersebut maka semakin sulit untuk menyeleksi calon penerima bantuan bibit bawang merah. Dalam menentukan kelompok tani yang layak menerima bantuan bibit bawang merah dinas pertanian masih menggunakan cara atau proses yang manual, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu dibuatlah sebuah sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk membantu dinas pertanian dalam menentukan kelompok tani yang layak menerima bantuan bibit bawang merah dengan menerapkan metode Multi-Objective Optimization By Ratio Analysis (MOORA). Hasil akhir dari penelitian ini ialah membuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan dalam menetukan kelompok tani yang layak menerima bantuan bibit bawang merah menggunakan Multi-Objective Optimization By Ratio Analysis (MOORA).

Author Biographies

Umi Rahmah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. Latif and A. Ashari, “Penentuan Varietas Bawang Merah pada Lahan Litosol Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making,†Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 1, p. 52, 2019, doi: 10.35585/inspir.v9i1.2487.

“MENGGUNAKAN ALGORITMA MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS SKRIPSI Oleh : BILL TANTHOWI JAUHARI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA,†2018.

E. Astuti and N. E. Saragih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Terbaik dengan Metode Moora,†J. Ilm. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 136–140, 2020.

L. Nababan, L. Sinambela, U. Potensi, and U. Medan, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KELAYAKAN,†vol. 2, no. 2, pp. 20–27, 2018.

S. Wardani, I. Parlina, and A. Revi, “ANALISIS PERHITUNGAN METODE MOORA DALAM PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BANGUNAN DI TOKO MEGAH GRACINDO JAYA InfoTekJar ( Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan ),†pp. 95–99.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN