Penerapan Data Mining Untuk Penjualan Produk Seni Ukir Yang Diminati Wisatawan Asing Pada Buulolo Galery Dengan Menggunakan Metode Fp-Growth

Authors

  • Noverman Ndruru STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.3290

Abstract

Buulolo Galery merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan dan penjualan produk seni ukir. Transaksi penjualan produk seni ukir yang ada seharusnya dapat digunakan dalam meningkatkan penjualan guna meningkatkan omset, mengatur susunan produk dalam gudang, dapat juga digunakan sebagai bahan promosi dengan mengumpulkan produk yang sering terjual bersamaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengelola Data Mining dalam mengatur pola penjualan produk seni ukir yang diminati wisatawan asing pada Buulolo Galery dimana setiap data yang diperoleh dari Buulolo Galery akan dihitung menggunakan algoritma FP-Growth. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi Data Mining yang mengadopsi algoritma FP-Growth serta mampu menjawab permasalahan terkait mengatur pola penjualan produk seni ukir yang diminati wisatawan asing pada Buulolo Galery.

Author Biographies

Noverman Ndruru, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

D. A. Aisyah, "Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi," Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 3, pp. 344-352, 2017.

D. Nofriansyah, "Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi)," Saintikom, vol. 15, pp. 81-92, 2016.

Fitriyani, "Implementasi Algoritma Fpgrowth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis," Informatika, vol. 2, pp. 296-305, 2015.

S. Kurniawan, "Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus : MT Shop Kelapa Gading)," SENTIKA, vol. 2, pp. 61-69, 2018.

Retno, Data Mining & Teori dan Aplikasi Rapidminer, Gaya Media, 2017.

R. Gusrizaldi, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan," Valuta, vol. 2, pp. 286-303, 2016.

I. Astrina, "Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas," Matrix, vol. 9, pp. 32-40, 2019.

Downloads

Published

2018-09-27

URN