Pembuatan Aplikasi Computer Based Test (CBT) Untuk Ujian Tes Potensi Akademik Mahasiswa Baru Di Staira Batang Kuis Dengan Metode Linear Congruent Generator (LCG) Berbasis Web

Authors

  • Rizky Rinaldi STMIK Triguna Dharma
  • Iskandar Zulkarnain STMIK Triguna Dharma
  • Achmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i1.3289

Abstract

Dalam Tes Potensi Akademik (TPA) mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Agama Islam Raudhatul Akmal (STAIRA) Batang Kuis, belum memiliki Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer untuk ujian tes potensi akademik mahasiswa baru. Sehingga ujian masih dilaksanakan dengan cara manual dan menelan banyak biaya dalam pelaksannannya. Namun itu juga menjadikan proses ujian terlaksana kurang baik karena beberapa mahasiswa dapat melakukan kecurangan ketika mengisi jawaban dengan cara mencontek teman. Oleh karna itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi Computer Based Test (CBT) berbasis web dan melakukan pengacakan soal didalamnya dengan menerapkan metode Linear Congruent Generator (LCG). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis web untuk ujian tes potensi akademik yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada di STAIRA Batang Kuis saat ini. Urutan soal akan otomatis teracak ketika mahasiswa melakukan ujian tes potensi akademik berdasarkan Nomor Induk Mahasiswa masing-masing.

Author Biographies

Rizky Rinaldi, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

Iskandar Zulkarnain, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Achmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. N. Edusainstek et al., “Aplikasi Smart Try Out System Berbasis Komputer,†Semin. Nas. Edusainstek FMIPA UNIMUS 2018, pp. 220–225, 2018.

P. D. A. Pamungkas, “Computer Based Test (CBT) Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta Menggunakan Metode Computerized Fixed-Form Test (CFT),†J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. IV, no. 1, pp. 54–61, 2017.

M. P. Saptono and H. Widjasena, “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (Cbt) Di Smk Negeri 1 Kabupaten Sorong,†Electro Luceat, vol. 5, no. 2, pp. 5–13, 2019, doi: 10.32531/jelekn.v5i2.148.

E. Setiawan, D. Antoni, and A. H. Mirza, “Analisis Penerimaan Sistem Ujian Online Berbayar Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Dan Webqual,†J. Bina Komput., vol. 1, no. 1, pp. 61–72, 2019, doi: 10.33557/binakomputer.v1i1.155.

F. Wicaksono, A. H. S. Nugraha, and R. Taufiq, “Aplikasi Tes Potensi Akademik Menggunakan Metode Anp Untuk Tes Panerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web,†J. Rekayasa, Teknol. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 13–20, 2019.

Downloads

Published

2021-01-25

URN