Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Wilayah Terbaik Tempat Penangkapan Ikan pada PT. Putra Berombang Perkasa Medan Menggunakan Metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment)

Authors

  • Khairun Nissa STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Fifin Sonata STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Suardi Yakub STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3282

Abstract

Wilayah Penangkapan Ikan merupakan suatu daerah perairan dimana ikan yang dijadikan sasaran aktivitas penangkapan tertangkap dalam jumlah yang optimal dengan menggunakan suatu alat tangkap. Penentuan wilayah penangkapan ikan merupakan hal penting untuk keberlangsungan kegiatan penangkapan ikan dimana PT. Putra Berombang Perkasa Medan mempunyai beberapa kriteria untuk menentukan wilayah terbaik tempat penangkapan ikan agar kegiatan penangkapan ikan akan menjadi maksimal serta efektif dan efisien. Namun dalam proses menentukan wilayah terbaik tempat penangkapan ikan tersebut belum terkomputerisasi. Sehingga dalam proses penentuan tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak efisien.Oleh karena itu solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalah tersebut diatas yaitu dengan membangun suatu sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam menentukan wilayah terbaik tempat penangkapan ikan dengan tepat. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah ini adalah Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS).Dengan demikian hasil dari sistem yang telah dirancang, maka akan membantu pihak PT. Putra Berombang Perkasa Medan dalam menentukan wilayah terbaik tempat penangkapan ikan menggunakan metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment) dapat dilakukan lebih cepat, tepat dan terciptanya sebuah perangkat lunak yang bersifat efisien dan akurat.

Author Biographies

Khairun Nissa, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem Informasi

References

U. Wulandari, D. Simbolon, and R. I. Wahju, “Analisis Daerah Penangkapan Ikan Potensial Analysis of Potential Fishing Grounds in Enggano Island , North Bengkulu,†Jurnalpenelitianperikananindonesia, vol. 23, no. 4, pp. 253–260, 2017, [Online]. Available: http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jppi/article/view/5981.

M. Fadlan, M. Muhammad, and H. -, “TERAPAN KOMBINASI METODE TOPSIS DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA PEREKOMENDASIAN PENERIMA BEASISWA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK (Studi Kasus pada STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati),†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 663, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1565.

M. Handayani and N. Marpaung, “Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas) Dalam Pemilihan Kepala Laboratorium,†Semin. Nas. R. 2018 ISSN 2622-9986 STMIK R. R. ISSN 2622-6510 , vol. 9986, no. September, pp. 253 – 258, 2018.

S. Damanik and J. S. S. Lase, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Produk Unggulan Daerah Menggunakan Metode Roc dan Waspas,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., pp. 604–608, 2019.

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C103.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN