Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Jumlah Dalam Produksi Roti Unyil Dengan Menggunakan Fuzzy Tsukamoto Di Mr.Bread

Authors

  • Atika Hidayanti Stmik Triguna Dharma
  • Marsono Marsono Stmik Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3277

Abstract

        Mr.Bread merupakan perusahaan dalam meproduksi roti-roti dengan orderan yang cukup besar. Perusahaan memproses hasil produksi dari mesin pembuatan roti dan memiliki permasalahan yang umum yang sudah terjadi yaitu kesulitan dalam menentukan jumlah produksi roti unyil. Kendala dalam menentukan jumlah produksi dapat menyebabkan kerugian karena jumlah produksi roti unyil yang terlalu banyak akan berakibat pada penumpukan roti dan produksi roti unyil yang terlalu sedikit menyebabkan tidak bisa dipenuhinya permintaan dari konsumen maupun pelanggan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu keilmuan yang dapat memprediksi jumlah produksi roti perbulan dan dapat membantu meminimalisir kesalahan jumlah produksi roti unyil. Dalam hal ini keilmuan yang dapat mengatasi masalah adalah Sistem Pendukung Keputusan (SPK).        Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan aplikasi interaktif berbasis komputer yang mengkombinasikan data dan model matematis untuk membantu proses pengambilan keputusan dalam menangani suatu masalah. Dengan menentukan Jumlah dalam produksi roti unyil, maka metode yang digunakan yaitu metode fuzzy tsukamoto.         Pada metode Tsukamoto, setiap konsekuen pada aturan yang berbentuk IF-THEN harus direpresentasikan dengan suatu himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan yang monoton. Sebagai hasilnya, output hasil inferensi dari tiap - tiap aturan diberikan dengan tegas. Mr.Bread, sehingga untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan Jumlah dalam produksi roti unyil yang efektif. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Tsukamoto, Jumlah Roti

Author Biographies

Atika Hidayanti, Stmik Triguna Dharma

Medesain

Marsono Marsono, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nur Yanti Lumban Gaol, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

H. H. and M. S. Abdillah, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN NOTEBOOK MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TAHANI," Jurnal Informatika Mulawarman , vol. VI, no. 3, pp. 98-104, 2016.

M. Afif, H. Haryanto, Y. Rahayu and E. Mulyanto, "Prediksi Jumlah Produksi Tas Pada Home Industri Body Star Kudus Menggunakan Fuzzy Tsukamoto," Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, vol. VII, no. 2, pp. 119-130, 2017.

S. R. Hidayatullah, N. Rubiati and R. Kurniawan, "IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PENENTUAN KELAYAKAN KARYAWAN MENDAPAT REWARD DITOKO ROTI MENGUNAKAN METODE TSUKAMOTO," Jurnal Informatika, vol. X, no. 2, pp. 56-65, 2017.

A. T. Purba, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)," Jurnal Tekinkom, vol. IV, no. 1, pp. 1-7, 2018.

T. Mufizar, T. Nuraen and A. Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Universitas Klabat Anggota CORIS, vol. I, no. 1, pp. 68-82, 2017.

R. TAUFIQ and H. P. SARI, "RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO," Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. VIII, no. 1, pp. 6-10, 2019.

Downloads

Published

2019-10-26

URN