Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Abses Gigi Menggunakan MetodeTheorema Bayes

Authors

  • Rina Bangun STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syahril STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3276

Abstract

Abses gigi adalah kantong berisi nanah di gigi yang disebabkan oleh infeksi.Infeksi dapat disebabkan oleh lubang gigi yang tidak ditangani, cedera, atau penanganan gigi yang sudah lama. Hal ini dapat diantisipasi dengan adanya sebuah sistem pakar. Sebuah sistem yang dapat mendiagnosa penyakit abses gigi menggunakan metode Theorema Bayes sebagai solusi pendekatan pemecahan masalah. Metode Theorema Bayes dapat menentukan nilai kemungkinan sebuah gejala hingga ditetapkan nilai kepercayaan terhadap sebuah penyakit. Dengan adanya sistem ini, membantu para pekerja medis dalam mendiagnosa sebuah penyakit tanpa adanya seorang pakar. Hasil dari penelitian ini : Berdasarkan Permasalahan yang di bahas maka di bangunlah sistem pakar yang mengadopsi Theorema Bayes dalam pemecahan masalah Mendiagnosa penyakit abses gigi. Dari masalah-masalah yang ada, maka judul yang di tetapkan dalan penelitian ini adalah “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Abses Gigi  dengan Metode Theorema Bayesâ€.

Author Biographies

Rina Bangun, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syahril, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Y. T. Risky, A. Agrijanti, and N. Inayati, “Uji Screening Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) Menggunakan Antibiotik Cefoxitin (fox) 30 µg Pada Pasien Penderita Abses Gigi di Klinik BPJS Mataram,†J. Anal. Med. Biosains, vol. 6, no. 2, p. 98, 2019.

R. A. Setiaji, I. B. Hidayat, P. D. Suhardjo, and M. S. S. K, “Sintesis Penelitian Deteksi Penyakit Abses pada Gigi Manusia Melalui Citra Periapikal Radiograf Domain Spasial,†e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 5554–5561, 2018.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,†J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018.

M. Septiani and S. J. Kuryanti, “Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Saluran Pernapasan pada Anak,†Publ. J. Penelit. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 23–27, 2018.

N. Jarti and R. Trisno, “Jurnal Edik Informatika SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT ALERGI PADA ANAK BERBASIS WEB DENGAN METODE FORWARD CHAINING Jurnal Edik Informatika,†Jurnall Edik Inform., vol. 2, pp. 197–205, 2017.

Downloads

Published

2021-02-28

URN