Penerapan Sistem Pakar Dalam Mendiagnosis Penyakit Tanaman Carica Papaya di UPTD. Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Elisabet Sagala STMIK Triguna Dharma
  • Juniar Hutagalung STMIK Triguna Dharma
  • Sri Kusnasari STMIK Triguna Dharma
  • Zulkifli Lubis STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.3261

Abstract

Carica Papaya banyak mengandung zat-zat kimia yang bermanfaat bagi pembuluh darah. Kandungan pektin pada buah pepaya menyebabkan terjadinya eliminasi kolesterol dari tubuh dalam bentuk asam empedu yang mengakibatkan tubuh menggunakan kolesterol dalam darah untuk menggantikan asam empedu yang hilang. Tanaman Pepaya dapat hidup pada ketinggian tempat 11.000m dari permukaan laut dan pada suhu udara 22°C sampai 26°C. Para petani sering mengalami kesulitan dalam membudidayakan Carica Papaya karena banyak penyakit yang menyerang, banyak petani yang tidak mengetahui penyakit apa yang menyerang tanaman carica papaya, sehingga petani kesulitan untuk mencegah dan akhirnya gagal panen. Oleh sebab itu untuk mengetahui penyakit apa yang menyerang diperlukan sebuah sistem yang mampu membantu masyarakat khususnya petani untuk mendeteksi penyakit tanaman papaya itu sendiri dengan cepat sehingga penanggulangannya dapat dilakukan dengan cepat pula. Sistem yang mampu untuk menangani permasalahan tersebut adalah sistem pakarHasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar yang dapat digunakan dalam mendiagnosis gejala awal pada tanaman Carica Papaya sehingga dapat membantu dinas pertanian maupun para petani dalam mencari solusi permasalahan yang dialami terkait penyakit pada Tanaman Carica Papaya.

Author Biographies

Elisabet Sagala, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Juniar Hutagalung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Kusnasari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulkifli Lubis, STMIK Triguna Dharma

Prodi Sistem Informasi

References

R. H. B. Setiarto, "Produksi sari pepaya (Carica papaya) fermentasi sebagai minuman probiotik antihiperkolesterolemia," Jurnal Litbang Industri, vol. 8, no. 1, pp. 23-30, 2018.

D. E. Purlinda, "Potensi Jus Buah Pepaya (Carica Papaya L.) Mencegah Nefrotoksisitas pada Tikus Wistar yang Terpapar Pb Asetat," Majalah Ilmiah Biologi Biosfera : A Scientific Journal, vol. 37, no. 2, 2020.

Febby Kesumaningtyas, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DEMENSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING STUDI KASUS (DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PADANG PANJANG)," Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains dan Pendidikan Informatika , vol. 3, no. 2, pp. 95-102, 2018.

Mikha Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella," Cogito Smart Journal, vol. 2, no. 2, pp. 94-107, 2016.

S. n. rizki, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KESALAHAN ELEKTRODA PADA PROSES WELDING FRAME THERMOSTAT PADA SOULPLATE MENGGUNAKAN METODEFORWARD CHAINING BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT PHILIPS)," Jurnal Edik Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 211-225, 2017.

Y. Yuliyana and A. S. R. M. Sinaga, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Menggunakan Metode Naive Bayes," Fountain of Informatics Journal, vol. 4, no. 1, p. 19, 10 5 2019.

M. G. Meidiyan, "Implementasi Knowledge base pada Aplikasi Data Orang Hilang," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), vol. 3, no. 2, pp. 96-103, 2017.

H. T. Sihotang, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN JAGUNG DENGAN METODE BAYES," 2018.

D. T. Yuwono, "Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kepribadian Menggunakan Metode Dempster Shafer," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 1, no. 1, 2019.

Downloads

Published

2021-10-09

URN