Perancangan Mobile Apps Smart Parking Untuk Pemesanan Parking Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Teknik Counter

Authors

  • Muhammad Risfan STMIK Triguna Dharma Medan
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma Medan
  • UstiFatimah Sari STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3244

Abstract

Sistem parkir yang dirancang ini akan menggunakan perangkat sensor infrared  untuk mendeteksi jika lot parkir sudah di isi kendaraan, penggunaan aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk mengetahui area parkir yang tersedia untuk dapat dipesan pengguna secara jarak jauh. Penggunana teknik timer dalam penelitian ini diperlukan untuk proses penyediaan waktu tunda lot parkir yang sudah dipesan oleh pengguna, agar apabila pengguna tidak tepat waktu yang ditentukan pada saat pemesanan lot parkir, maka status lot parkir akan Kembali ke posisi tersedia Kembali untuk di pesan oleh pengguna lainnyaa.Penggunaan teknik counter nantinya akan disesuaikan dengan penggunaan modul RTC (Real Time Clock) agar waktu yang dideteksi sistem akurat, dan apabila sistem dalam kondisi mati sementera maka waktu perhitungan akan tetap berlanjut dan tidak Kembali pada posisi mengulang pewaktuan dari awal.Penggunaan Internet of Things pada penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pemesanan lot parkir secara jarak jauh dengan memanfaatkan internet. Sensor IR yang akan mendeteksi ada tidaknya lot yang tersedia pada saat pemesanan lot parkir dilakukan oleh pengguna.

Author Biographies

Muhammad Risfan, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Komputer

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma Medan

SIStem Komputer

UstiFatimah Sari, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Komputer

References

D. Susandi, W. Nugraha, and S. F. Rodiyansyah, “Perancangan Smart Parking System Pada Prototype Smart Office Berbasis Internet Of Things,†Pros. Semnastek, no. November, pp. 1–2, 2017.

“PERANCANGAN SMART PARKING SYSTEM,†2019.

“3 1,2,3,†vol. 7, no. 2, pp. 3976–3983, 2020.

M. P. T. Sulistyanto, K. Suharsono, and D. A. Nugraha, “Monitoring dan Kendali Peralatan Elektronik Menggunakan Logika Fuzzy Melalui Website Dengan Protokol HTTP,†J. SMARTICS, vol. 2, no. 2, pp. 15–20, 2016.

ajar Rohmanu and D. Widiyanto, “Sistem Sensor Jarak Aman Pada Mobil Berbasis Mikrokontroller Arduino Atmega328,†J. Inform. SIMANTIK, vol. 3, no. 1, pp. 7–14, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2021-02-28

URN