Expert System Untuk Mendiagnosa Penyakit Hematologi Onkologi Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Ella Melati Sukma STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3223

Abstract

Hematologi Onkologi (Kanker Darah) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali, sehingga dapat membentuk klon dan penyebaran sel-sel abnormal serta mengabaikan sinyal pengatur sel sekitarnya. Penyakit Hematologi Onkologi ini bermula di sum-sum tulang tempat sel darah diproduksi. Perubahan dalam DNA bisa membuat sel-sel darah yang sehat menjadi kanker. Hal ini yang menyebabkan sebagian besar orang tidak menyadari bahwa dalam diri ada DNA yang rusak dan tumbuh didalam sel hidup dan dapat menyebabkan penyakit Hematologi Onkologi, serta kurangnya pengetahuan masyarakat dan tidak tercukupi tenaga ahli medis mengakibatkan keterlambatnya penanganan terhadap pasien yang menderita penyakit Hematologi Onkologi.Melihat situasi yang terjadi maka dirancang sebuah Expert System yang mampu menerapkan metode Certainty Factor untuk mendiagnosa jenis penyakit Hematologi Onkologi berdasarkan gejala-gejala klinis yang terjadi, proses penerapannya dengan terlebih dahulu mengumpulkan basis pengetahuan, kemudian melakukan penelusuran inferensi Forward Chaining terhadap rule-rule yang ada dan selanjutnya melakukan proses perhitungan metode Certainty Factor untuk mengetahui probabilitas dan jenis penyakit Hematlogi Onkologi.Hasil dari penelitian ini dengan menerapkan Expert System menggunakan metode Certainty Factor diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat maupun dokter dalam pengambilan kesimpulan penyakit Hematologi Onkologi untuk dijadikan diagnosa awal.

Author Biographies

Ella Melati Sukma, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. J. Yogyakarta, “(1) Jaime Amaral Alves Almeida adalah Mahasiswa S1 Program Studi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta 1,†no. 1, pp. 1–16.

M. Ramadhan, “Sistem Pakar Dalam Mengidentifikasi Penyakit Kanker Pada Anak Sejak Dini dan Cara Penanggulangannya,†J. SAINTIKOM, vol. 10, no. 2, pp. 125–135.

P. S. Ramadhan, “Aplikasi Diagnosa Granulomatous Dermatis Menggunakan Certainty Factor,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 2, p. 78, 2019, doi: 10.30865/mib.v3i2.1064.

K. E. Setyaputri, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Analisis Metode Certainty Factor pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit THT,†J. Tek. Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 30–35, 2018, doi:

15294/jte.v10i1.14031.

H. T. SIHOTANG, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web,†no. June 2014, 2019, doi: 10.31227/osf.io/97rz8.

Downloads

Published

2019-10-26

URN