Rancang Bangun Sistem Penyiraman Otomatis Memanfaatkan Multisensor Dengan Metode Fuzzy Logic Berbasis Arduino

Authors

  • Irfan Wahyudi STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Afdal Al hafiz STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.3214

Abstract

Sistem perawatan tanaman semangka yang tidak terlalu sulit ini membuat para petani mudah melakukan budidaya semangka baik dilahan dengan ukuran terbatas sampai lahan yang besar. Tetapi masalah yang diamati saat ini terjadi saat melakukan penanaman jika lahan yang budidaya area yang luas, hal ini akan membutuhkan banyak dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan salah satu penyiraman berkala untuk tanaman semangka dengan memanfaatkan parameter suhu dan kelembapan yang memanfaatkan DHT11 yang parameter ini saat sulit dideteksi para petani dalam melakukan perawatan tanaman semangka.Untuk menghasilkan sistem yang optimal dalam melakukan penyiraman otomatis diperlukan metode fuzzy logic yang memudahkan sistem menghasilkan keputusan dari 3 parameter yang dideteksi dari pengujian yang dilakukan mendapatkan hasil akurasi pendeteksian dan penyiraman yang diharapkan dari penelitian ini.

Author Biographies

Irfan Wahyudi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Afdal Al hafiz, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

REFERENSI

A. B. Wijaya and A. S. Khalilullah, “Seminar Proyek Akhir Jurusan Teknik Telekomunikasi PENS-ITS 2010,†Ranc. Bangun Alat Pengukur Detak Jantung dan Suhu Tubuh Mns. Berbas. Komun. Bluetooth, p. 4, 2010, [Online]. Available: http://repo.pens.ac.id/276/.

Y. Kukus, W. Supit, and F. Lintong, “Suhu Tubuh: Homeostasis Dan Efek Terhadap Kinerja Tubuh Manusia,†J. Biomedik, vol. 1, no. 2, 2013, doi: 10.35790/jbm.1.2.2009.824.

S. F. Suyanto Moh Fajar Rajasa, “Rancang Bangun Prototipe Monitoring Suhu Tubuh Manusia Berbasis O.S Android Menggunakan Koneksi Bluetooth,†J. Tek. ITS, vol. 2, no. Vol 2, No 1 (2013), pp. A213–A216, 2013, [Online]. Available: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/3275.

E. Riyanto, “Perancangan Pengukur Detak Jantung Dan Suhu Tubuh Berbasis Arduino Serta Smartphone Android,†Naskah Publ. Ilm. Mhs. Univ. Muhammadiyah Surakarta, p. 18, 2016.

. L. I. Ramadhan, D. Syauqy, and B. H. Prasetio, “Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Metode Fuzzy yang Diimplementasikan dengan Real Time Operating System ( RTOS ),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 11, pp. 1206–1213, 2017.

A. R. Lulu Fikriyah, “Sistem Kontrol Pendingin Ruangan Menggunakan Arduino Web Server Dan Embedded Fuzzy Logic Di Pt. Inoac Polytechno Indonesia,†J. Inform. SIMANTIK, vol. 3, no. 1, pp. 1–23, 2018.

Downloads

Published

2020-01-30

URN