Penerapan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakana Mesin Air Isi Ulang Depot Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer Pada Toko Nisa Water

Authors

  • Wahyu Khairu Nisa STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti LumbanGaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3206

Abstract

Di Era Revolusi Industri 4.0 persaingan industri dunia cukup ketat penjualan air isi ulang mulai berlomba-lomba mencari pelanggan. Beberapa toko telah menentukan pendapatan mereka dan memiliki mesin air yang dapat meningkatkan kelancaran supaya usaha berjalan sesuai harapan, karena mesin juga bagian yang penting. Hal ini diperlukan untuk menjaga kondisinya agar tetap dalam peforma yang baik. Tingginya pengguna mesin air tersebut timbul permasalahan bahwa sering terjadi kendala dari mesin air isi ulang serta banyak orang yang tidak mengerti tentang mesin air isi ulang terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Untuk mengatasi kerusakan mesin air isi ulang maka dibangun suatu sistem yang terkomputerisasi yaitu sistem pakar. Sistem pakar adalah suatu sistem yang mengadopsi pengetahuan dari pakar ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para pakar. Dalam sistem pakar terdapat beberapa jenis metode sesuai dengan pemanfaatannya yaitu certainty factor, dempster shafer, Bayesian dan forward chaining. Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem yang akan dapat membantu toko Nisa Water dalam mendeteksi kerusakan mesin air isi ulang sesuai dengan gejala yang diperlukan, dan lebih efisien dibanding cara manual.

Author Biographies

Wahyu Khairu Nisa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem informasi

Nur Yanti LumbanGaol, STMIK Triguna Dharma

sistem informasi

References

Wahyu setyo pambudi imam suhendra, “Aplikasi Load Cell Untuk Otomasi Pada Depot Air Minum Isi ulang,†Apl. Load Cell Untuk Otomasi Pada Depot Air Minum Isi, vol. 1, no. 1, pp. 12–19, 2015.

A. Puspitasari, N. Hikmah B, and H. Rahman, “Studi Kualitas Bakteriologis Depot Air Minum Isi Ulang Di Wilayah Kerja Puskesmas Tamangapa Kota Makassar,†Wind. Public Heal. J., vol. 1, no. 1, pp. 16– 21, 2020, doi: 10.33096/woph.vi.28.

C. Cubfritua, F. A. Sianturi, and A. Gea, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Pertumbuhan Gigi Balita Dengan Menggunakan Metode Dempster Shaper,†J. Armada Inform., vol. 2, no. 2, pp. 144–154, 2018, doi: 10.36520/jai.v2i2.28.

N. S. B. Sembiring and M. D. Sinaga, “Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Treponema Pallidum Application Of Dempster Shafer Method For Diagnosing Diseases Due To Treponema Pallidum Bacteria,†CSRID J., vol. 9, no. 3, pp. 180–189, 2017.

2019 Laily Puad, “Indonesian Journal of Computer Science,†STMIKIndones. Padang, vol. 8, no. 2, p. 121, 2019.

Downloads

Published

2019-10-26

URN