Aplikasi Sistem Pakar Dalam Mendeteksi Kerusakan Mesin Generator Turbin Shinko Untuk Pembangkit Listrik Pabrik Sawit Dengan Metode Dempster Shafer Pada PT.Indopower Watech Abadi

Authors

  • Indah Ramadani STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria STMIK Triguna Dharma
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3199

Abstract

        PT.Indopower watech abadi pada tahun 2020, PT indonesia power melalui anak perusahaannya yang bergerak di bidang pengembangan energi baru terbarukan (ebt), PT indo tenaga hijau mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya atap yang dibangun di unit pembangkitan PT indonesia power. PT. Indowpower watech abadi adalah bagi pembuatan pembangkit listrik yang digunakan pabrik-pabrik besar daerah kota medan. Dengan pembuatan mesin turbin, adapun banyak masalah dalam kerusakan yang mengakibatkan mesin tidak berkerja maupun tidak berfungsi. Maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu dalam mendeteksi mesin yang rusak pada mesin turbin dengan menggunakan sistem pakar.        Sistem pakar untuk diimplementasikan dalam melakukan pemecahan masalah dan pengambilan kesimpulan dalam mendeteksi kerusakan dengan dasar pengetahuan pakar. Aplikasi sistem pakar yang berguna sebagai alat bantu untuk mendapatkan informasi dan dugaan  awal dalam mendeteksi kerusakan. Metode sistem pakar dapat mengembangkan dalam upaya mendeteksi kerusakan mesin generator turbin shinko  dengan menggunakan metode dempster shafer dan dibangun sistem berbasis desktop.        Dalam solusi diberikan, maka dapat hasil yang didapatkan berupa aplikasi yang dibangun berbasis desktop dengan menerapkan sistem pakar dengan menggunakan metode dempster shafer untuk mendapatkan hasil deteksi kerusakan mesin Turbin dengan cepat dan memberikan solusi yang diberikan berdasarkan pengetahuan pakar. Kata Kunci: Sistem Pakar, Dempster Shafer, Mesin Turbin 

Author Biographies

Indah Ramadani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Wahyu Adi Prayoga dan Rosyida Permatasa, " Perancangan dan Pemodelan Turbin Darrieus untuk Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL)," 2019.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Cetakan Pertama ed., Fungy, Ed., 2018.

N. Budi Riyanto and O. Suria, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Mengunakan Metode Teorema Bayes 7".

R. R. A. Hakim, E. Rusdi and M. A. Setiawan, "Android Based Expert System Application for Diagnose COVID-19 Disease: Cases Study of Banyumas Regency," Journal of Intelligent Computing and Health Informatics, vol. I, no. 2, pp. 26-38, 2020.

Hasibuan, N. A., Sunandar, H., Alas, S., & Suginam, S. (2017). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty factor. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika), 2(1), 29-39.

A. Putri., Sistem Pakar Rekomendasi Dan Larangan Makanan Berdasarkan Jenis Penyakit Dengan Metode Forward Chaining, CITEE, 2015.

Downloads

Published

2022-02-28

URN