SISTEM PAKAR DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT SCLEROPAGES FORMOSUS (ARWANA) TAWAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • Masrah Hariani STMIK Triguna Dharma
  • Saniman Saniman STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.3197

Abstract

Dalam dunia industri apotek, menuntut para pengusaha untuk menemukan suatu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan obat di apotek di kota namun hal ini tidak di imbangi dengan penjualan obat puskesmas-puskesmas apotek di kampung Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah transaksi penjualan obat adalah dengan memanfaatkan data transaksi jenis dan penjualan obat. Setiap masalah penjualan obat diapotek selalu dicatat. Data transaksi penjualan ini dapat diolah untuk menemukan pola tertentu dalam penjulan obat dalam priode tertentuApabila data transaksi penjualan di analisa maka dapat diketahui pola yang sangat membantu dalam memajukan apotek-apotek puskesmas kampung.Berdasarkan permasalahan diatas, maka dalam penelitian ini akan mencoba menerapkan sebuah sistem. Dengan suatu metode dalam penggalian pengetahuan berupa data agar dapat dijadikan sumber pengetahuan baru yang akan menjadi solusi permasalahan yang terjadi. Dimana penelitian ini akan menerapkan datamining untuk menyelesaikan permasalahan yang telah dijabarkan diatas.Hasil dari penelitian ini dengan Data Mining metode FP-Growth adalah untuk menemukan keterkaitan antar obat dari banyaknya transaksi pemberian obat kepada pasien di puskeskam sehingga dapat merekomendasikan untuk stok obat di Apotek Kampung Mesjid Kualuh Hilir.

Author Biographies

Masrah Hariani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Saniman Saniman, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

P. Pamungkas, " Teknik Pemijahan Alami Ikan Arwana Super Red (Scleropages formosus) DI PT. ARWANA, DEPOK, JAWA BARAT," Journal of Aquaculture and Fish Health, 2018.

E. Lestari and E. U. Artha, "Sistem Pakar Dengan Metode Dempster Shafer Untuk Diagnosis Gangguan Layanan Indihome Di Pt Telkom Magelang," khazanah informatika, vol. III, no. 2477-698X, pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. Dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar Dan Metode (Introduction Of Expert System And Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, Pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan And M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

Downloads

Published

2018-09-27

URN