IMPLEMENTASI DATA MINING DALAM ANALISIS STOK OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) DI APOTEK PUSKESMAS KAMPUNG MESJID KUALUH HILIR

Authors

  • Saadatul Abadiah Siregar STMIK TrigunaDharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Mhd Gilang Suryanata STMIK TrigunaDharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3192

Abstract

Dalam dunia industri apotek, menuntut para pengusaha untuk menemukan suatu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan obat di apotek di kota namun hal ini tidak di imbangi dengan penjualan obat puskesmas-puskesmas apotek di kampung Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah transaksi penjualan obat adalah dengan memanfaatkan data transaksi jenis dan penjualan obat. Setiap masalah penjualan obat diapotek selalu dicatat. Data transaksi penjualan ini dapat diolah untuk menemukan pola tertentu dalam penjulan obat dalam priode tertentuApabila data transaksi penjualan di analisa maka dapat diketahui pola yang sangat membantu dalam memajukan apotek-apotek puskesmas kampung.Berdasarkan permasalahan diatas, maka dalam penelitian ini akan mencoba menerapkan sebuah sistem. Dengan suatu metode dalam penggalian pengetahuan berupa data agar dapat dijadikan sumber pengetahuan baru yang akan menjadi solusi permasalahan yang terjadi. Dimana penelitian ini akan menerapkan datamining untuk menyelesaikan permasalahan yang telah dijabarkan diatas.Hasil dari penelitian ini dengan Data Mining metode FP-Growth adalah untuk menemukan keterkaitan antar obat dari banyaknya transaksi pemberian obat kepada pasien di puskeskam sehingga dapat merekomendasikan untuk stok obat di Apotek Kampung Mesjid Kualuh Hilir.

Author Biographies

Saadatul Abadiah Siregar, STMIK TrigunaDharma

Sistem Informasi (SI)

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Infomasi (SI)

Mhd Gilang Suryanata, STMIK TrigunaDharma

Sistem Informasi (SI)

References

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

R. Nurul Arifin, “Implementasi Algoritma Frequent Pattern Growth (FP-GROWTH) Menentukan Asosiasi Antar Produk (Study KAsus Nadia Mart),†Dok. Karya Ilm., pp. 0–1, 2015.

S. Dalis and M. Wahyudi, “Penerapan Case Based Reasoning Untuk Penentuan Obat Berbasis Algoritma Nearest Neighbor,†Tek. Komput. AMIK BSI, vol. II, no. 2, pp. 17–25, 2016.

M. Arhami, Data Mining - Algoritma dan Implementasi, Cetakan 1. Aceh: ANDI, 2020.

E. E. Pramadhani and S. Tedy, “Penerapan Data Mining Untuk Klasifikasi Prediksi Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) Dengan Algoritma Decision Tree,†Sarj. Tek. Inform., vol. 2, pp. 831–839, 2014.

Y. Asriningtias and R. Mardhiyah, “Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi,â€

Downloads

Published

2020-02-27

URN