Sistem Pakar dalam Mendiagnosa Penyakit Ayam Broiler Dengan Menggunakan Dempster Shafer pada Peternakan PT.Leong Serdang 2

Authors

  • Desi Angela Tarigan Stimik Triguna Dharma
  • Muhammad Dahria Stimik Triguna Dharma
  • Ismawardi Santoso Stimik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.3188

Abstract

        PT.Leong Serdang 2 merupakan salah satu perusahaan  yang  bergerak  produksi daging ayam khusus dengan jenis ayam broiler. Perusahaaan yang didirkan dikota Medan melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan meningkatkan produksi daging ayam broiler yang layak dijual dan dipasarkan keperusahaan. PT.Leong Serdang mempunyai kendala produksi pada ayam broiler, dengan meningkatnya penyakit pada ayam ataupun virus yang dialami, yang menggangu jumlah produksi ayam boiler. Perusahaan membutuhkan suatu sistem yang dapat mempermudah dalam mendiangnosa penyakit  pada ayam broiler cepat, dan tepat. Diantara keilmuan yang dapat mendiagsnosa penyakit adalah Sistem Pakar.         Sistem Pakar merupakan salah satu bidang teknik dari kecerdasan buatan yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja para pakar atau ahli harapannya, orang biasa pun akan dapat menyelesaikan permasalahan yang dianggap cukup rumit yang tadinya hanya dapat diselesaikan oleh seorang pakar. dempster shafer dapat mengetahui probabilitas atau persentase dari penyakit yang dialami  gejala ayam.        Hasil didapatkan dapat menampilkan hasil diagnosa , maka dengan menggunakan metode dempster shafer dapat mendiagnosa penyakit ayam broiler lebih akurat dan efisien Kata Kunci: Sistem Pakar, Dempster Shafer, Ayam Boiler. 

Author Biographies

Desi Angela Tarigan, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ismawardi Santoso, Stimik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

E. Lestari and E. U. Artha, "SISTEM PAKAR DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER UNTUK DIAGNOSIS GANGGUAN LAYANAN INDIHOME DI PT TELKOM MAGELANG," khazanah informatika, vol. III, no. 2477-698X, pp. 16-24, 2017.

D. Purnomo, B. Irawan and Y. Brianorman, "SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA KUCING MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS ANDROID," Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. V, no. 2338-493X, pp. 45-55, 2017.

Y. E. Permana, E. Santoso and C. Dewi, "Implementasi Metode Dempster-Shafer untuk Diagnosa Defisiensi(Kekurangan)Vitamin pada Tubuh manusia," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. II, no. 2548-964X, pp. 1194-1203, 2018.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

E. Sulistiarin, R. Joegijantoro and D. Effendy, "Sistem Pakar Penyakit Menular Menggunakan Dempster Shafer Dengan Rekomendasi Tempat Layanan Kesehatan," JURNAL RESTI, vol. 4, no. 1, pp. 2580-0760, 2020.

Downloads

Published

2022-07-20

URN