Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Strategi Promosi The K Hotel Medan Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Fevbtri Odjwan Purba Stmik Triguna Dharma
  • Marsono Marsono Stmik Triguna Dharma
  • Nuryanti Lumban Gaol Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3173

Abstract

 The K Hotel mengalami kendala dalam promosi pada waktu dampak covid 19, maka membutuhkan suatu sistem  pemilihan strategi promosi. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam me­­­nentukan strategi promosi. Dan dapat menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep SPK (Sistem Pendukung Keputusan).        Sistem pendukung keputusan merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer yang mengatasi masalah ini. Sistem ini dapat mendukung pengambilan keputusan dalam menentukan strategi promosi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Sistem pendukung keputusan digunakan untuk menentukan strategi promosi yang akan digunakan. Metode sistem pendukung keputusan dapat mengembangkan dalam upaya dalam menetukan yang akan digunakan  dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto.        Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto merupakan proses inferensi dilakukan dengan aturan (rule) berbentuk IF-THEN dan menggunakan operasi AND, dimana akan dipilih nilai yang lebih minimum (MIN) dari dua variabel yang ada. Dikarenakan kriteria-kriteria tersebut sifatnya relatif maka dibuat fuzzy Tsukamoto yang dapat digunakan model untuk mendapatkan keputusan menentukan strategi promosi hasil yang akan digunakan tepat dari suatu yang samar. Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Tsukamoto, Promosi

Author Biographies

Fevbtri Odjwan Purba, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nuryanti Lumban Gaol, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean and H. T. Sihotang, "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Ahp Pada Kantor Kelurahan Mangga," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, vol. Volume 2 No 1, no. 2541-3724, pp. 22-31, 2017 .

H. H. and M. S. Abdillah, "Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. VI No.3, pp. 98-104, 2017.

N. Novita, "Metode Fuzzy Tsukamoto Untuk Menentukan Beasiswa," Jurnal & Penelitian Teknik Informatika , vol. I No.1, no. 2541-2019, pp. 51-54, 2016.

A. T. Purba, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," Jurnal Tekinkom, vol. IV, no. 1, pp. 1-7, 2018.

D. Nofriansyah and S. Defit, Multi Criteria Decision Making (MCDM), Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2017.

R. TAUFIQ and H. P. SARI, "Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto," Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, vol. VIII, no. 1, pp. 6-10, 2019.

Downloads

Published

2020-02-27

URN