SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN PADA MESIN TRUK DUTRO MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER

Authors

  • Wegi Alhamda Sipayung STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.3156

Abstract

Truk adalah sebuah kendaraan untuk mengakut barang untuk jarak yang jauh maupun sedang, dan memiliki daya angkut yang besar. Penggunaan truk di Indonesia sudah dimanfaatkan sebagai media pengangkutan barang tambang atau pasir dalam mendistribusikanya suatu barang. Kendala yang sering dihadapi pada perbaikan mesin truk  yaitu lamanya proses perbaikan dan pengecekan kerusakan dikarenakan mekanik yang sangat sibuk dan hanya beberapa mekanik yang kerja di bengkel tersebut, menyebabkan customer terkadang sangat lama menunggu dan berkonsultasi dengan mekanik secara langsung dan menangani kerusakan pada mesin. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem dalam membantu menangani permasalahan tersebut.Sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi sebuah permasalahan dengan menggunakan keahlian seorang pakar yang telah ditanamkan kedalam sebuah sistem dengan menggunakan algoritma tertentu merupakan sistem pakarSistem pakar adalah sebuah sistem yang dibangun dengan berbasis komputer yang menggunakan beberapa pengetahuan, fakta dan teknik penalaran dalam memecahkan suatu permasalahan yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut. Implementasi sistem pakar ini sangat banyak digunakan untuk kepentingan komersial karena sistem pakar dapat dipandang sebagai cara penyimpanan pengetahuan pakar dalam bidang tertentu kedalam program komputer dan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan keputusan dan melakukan penalaran secara cerdas.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer yang dapat membantu pemilik truk dalam mendeteksi kerusakan truk sehingga mempercepat proses perbaikan mesin truk.

Author Biographies

Wegi Alhamda Sipayung, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Nizar, F. Marisa, and I. D. Wijaya, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Truck Dutro Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web,†Widya Tek., vol. 26, no. 2, pp. 207–221, 2018, doi: 10.31328/jwt.v26i2.795.

F. P. Hariyanto, B. Nugroho, B. Rahmat, and F. I. Komputer, “Penerapan Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mesin Mobil Suzuki,†vol. 1, no. 3, pp. 797–805, 2020.

A. H. Nasyuha, M. I. Perangin Angin, and M. M. Marsono, “Implementasi Dempster Shafer Dalam Diagnosa Penyakit Impetigo Pada Balita,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 3, p. 700, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i3.1901.

A. Andriani, Pemrograman Sistem Pakar. Yogyakarta: Penerbit MediaKom, 2018.

J. D. Wijaya and Y. Yunus, “Sistem Pakar untuk Mengukur Tingkat Akurasi Dalam Mengidentifikasi Kepribadian Menggunaakan Metode Forward Chaining,†J. Inf. dan Teknol., vol. 3, pp. 42–46, 2020, doi: 10.37034/jidt.v3i1.99.

M. R. Fadillah, B. Andika, and D. Saripurna, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Dan Hama Penyerang Tanaman Bougenville Dengan Metode Teorema Bayes,†vol. 19, no. 1, 2020.

N. S. Mukti and A. Slameto, “Analisis dan Perancangan Sistem Pakar Mengidentifikasi Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusu SLB Negeri Batang,†vol. 1, no. 2, pp. 1–4.

Downloads

Published

2019-03-30

Issue

Section

Articles

URN