Implementasi IoT Pada Sistem Kendali Dan Monitoring Air Pada Tanaman Hidroponik Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Dedi SP Sinurat STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i9.3151

Abstract

Tanaman hidroponik merupakan cara bercocok tanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam, tetapi hanya  menggunakan  air  yang  mengandung  nutrisi  yang  diperlukan  tanaman. Dalam hal pembudidayaan hidroponik membutuhkan perawatan  yang intensif.  Perawatan yang diberikan terhadap hidroponik terdiri dari  kandungan dari  pada hidroponik. Selain itu perlu juga memerhatikan volume air pada hidroponik, volume air pada tanaman hidroponik tidak dapat dilihat dikarenakn di dalam pipahal ini meyulitkan para petani hidroponik dalam hal memantau keadaaan volume tinggi air  yang mengalir. Jika volume air dalam hidroponik sedikit maka hal ini dapat mempengaruhi perkembangan hidroponik.Maka dari itu dibuatlah sebuah sistem yang dapat memantau keadaan volume air lewat smartphone. Dengan konsep teknologi Internet Of Things petani dapat memantai volume air dari jarak  jauh dan realtime.

Author Biographies

Dedi SP Sinurat, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Pranata, S. Pramana, and I. Faisal, “Rancang Bangun Penjemur Emping Melinjo Otomatis Berbasis Mikrokontroler Di Desa Sukamandi Hilir,†vol. 2, no. 2, pp. 41–49, 2019.

I. Zulkarnain, Z. Azmi, A. Pranata, and F. R. Hidayat, “Sistem Kendali Temperature dan Humadity Pada Kotak Penyimpanan Kamera DSLR Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Arduino,†vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2019.

Freeman, “metopel,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

J. Oliver, “Metode Penelitian,†Metod. Penelit., pp. 1–12, 2013.

Mohammad Singgih dkk, "Bercocok Tanam Mudah Dengan Sistem Hidroponik Nft", Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa E-ISSN :2655-9706, Januari 2019 Vol 03 No 1.

Downloads

Published

2019-09-26

URN