Implementasi Data Mining Untuk Pengelempokan Buku Di Perpustakaan Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru Dengan Metode K-Means Clustering

Authors

  • Hary Ani STMIK Triguna Dharma Medan
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dharma Medan
  • Ita Mariami STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.315

Abstract

Perpustakaan Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru memiliki ±2000 judul buku dalam beberapa kategori,agar buku diperpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal harus ada sebuah sistem yang mengatur koleksi buku tersebut karena dari proses pemilihan koleksi buku dapat dilihat buku mana yang harus ditambah atau dikurangi stoknya agar tidak menjadi penumpukan stok.K-Means Clustering merupakan salah satu metode dalam Data Mining melakukan proses data clustering non-hirarki yang dimana data dikelompokkan dalam satu bahkan lebih cluster dan merupakan salah satu metode yang dilakukan dengan sistem partisi.Penelitian ini mengelompokkan data kategori buku menjadi tiga cluster yaitu paling diminati, diminati dan kurang diminati. Atribut yang digunakan dalam pengolahan data meliputi jumlah peminjam buku dan jumlah stok buku.  Hasil yang didapatkan untuk data kategori  buku yang berada pada cluster paling diminati, inilah nantinya yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi pihak pustakawan dalam meningkatkan koleksi buku diperpustakaan Yayasan Nurul Islam Indonesia Baru.   

References

D. Pratiwi, S. Hartini, And S. Marlina, “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Smk Yadika 13 Tambun Utara Berbasis Web,†Vol. Xx, No. 1, Pp. 53–58, 2018.

S. Kasiyun, “Jurnal Pena Indonesia (Jpi) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya,†Vol. 1, No. 1, 2015.

E. Muningsih And S. Kiswati, “Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop Dalam Penentuan Stok Barang,†J. Bianglala Inform., Vol. 3, No. 1, Pp. 10–17, 2015.

R. R. Putra And C. Wadisman, “Implementasi Data Mining Pemilihan Pelanggan Potensial Menggunakan Algoritma K-Means,†J. Chem. Inf. Model., Vol. 53, No. 9, Pp. 1689–1699, 2018.

Mohamad Jajuli Nurul Rohmawati, Sofi Defiyanti, “Implementasi Algoritma K-Means Dalam Pengklasteran Mahasiswa Pelamar Beasiswa,†Jitter 2015, Vol. I, No. 2, Pp. 62–68, 2015.

R. A. Asroni, “Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Mahasiswa Berdasarkan Nilai Akademik Dengan Weka Interface Studi Kasus Pada Jurusan Teknik Informatika Umm Magelang,†Ilm. Semesta Tek., Vol. 18, No. 1, Pp. 76–82, 2015.

A. Ali, “Klasterisasi Data Rekam Medis Pasien Menggunakan Metode K-Means Clustering Di Rumah Sakit Anwar Medika Balong Bendo Sidoarjo,†Vol. 19, No. 1, 2019.

Downloads

Published

2021-09-04

URN